ANALISIS PENGARUH BRAND STRATEGY DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS PERUSAHAAN DON PAO, SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Brand Strategy dan Customer Relationship Management berpengaruh terhadap Brand Awareness di Perusahaan Don Pao Surabaya. Populasi yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu tidak terhingga dimana populasi adalah seluruh konsumen dan pelanggan yang mengenal dan pemah membeli produk Don Pao di Surabaya. Sedangkan sampel yang diteliti adalah 123 responden yang diambil dari sebagian populasi agar didapatkan hasil penelitian yang bersifat obyektif serta mampu menggambarkan keadaan yang sebenamya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode probability sampling. Teknik penenuntuan sampel ini dinamakan simple random sampling. Variabel penelitian yang digunakan penulis yaitu variabel Brand Strategy dan Customer Relationship Management (CRM) sebagai variabel bebas serta variabel Brand Awareness sebagai variabel terikat. Selanjutnya, penulis mengolah data hasil penelitian menggunakan software SPSS untuk memperoleh kesimpulan yang signifikan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dihitung menggunakan software SPSS tersebut, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis pertama (H 1) bahwa variabel Brand Strategy dan variabel Customer Relationship Management (CRM) memiliki pengaruh secara serempak dan simultan terhadap variabel Brand Awareness, juga sesuai dengan hipotesis keempat (H4) bahwa variabel Customer Relationship Management (CRM) memiliki pengaruh paling dominan daripada variabel Brand Strategy terhadap variabel Brand Awareness di perusahaan Don Pao Surabaya.
