PENGARUH PRESENTASI MAKANAN TERHADAP WILLINGNESS TO PAY, RASA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah presentasi makanan
berpengaruh terhadap willingness to pay, dengan rasa sebagai variabel mediasi.
Populasi yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu orang yang suka
mengonsumsi salad dan pernah mengkonsumsi caesar salad di The Savoury
Semarang, sedangkan sampel yang diteliti adalah 97 orang berusia 17 hingga 60
tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode
pembagian angket atau kuesioner yang menggunakan instrumen skala likert.
Variabel penelitian yang digunakan penulis yaitu variabel presentasi makanan
sebagai variabel bebas serta variabel willingness to pay sebagai variabel terikat
dan rasa sebagai variabel mediasi. Selanjutnya, penulis mengolah data hasil
penelitian menggunakan software SmartPLS3 untuk memperoleh kesimpulan
yang signifikan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan pengujian
hipotesis yang telah dihitung menggunakan SmartPLS3 tersebut, maka dapat
disimpulkan hasil penelitan ini yaitu bahwa presentasi makanan berpengaruh
terhadap rasa makanan, kemudian presentasi makanan berpengaruh terhadap
willingness to pay, rasa berpengaruh terhadap willingness to pay. Secara
keseluruhan, presentasi makanan berpengaruh terhadap willingness to pay, baik
secara langsung maupun tidak lagsung melalui rasa sebagai variasi mediasi.