ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KOMBINASI PRODUK BATIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen batik oleh
orang asing yang sedang di Indonesia sebagai cinderamata. Atribut yang diuji
adalah motif, teknik pembuatan, dan bahan kain. Motif (X1) memiliki 2 macam yaitu
tradisional/klasik dan modern. Teknik pembuatan (X2) ada 2 teknik yaitu, tulis dan
cap tembaga/ sejenisnya. Bahan kain (X3) yang digunakan untuk membuat batik
diklasifikasikan menjadi 2 macam katun dan sutra. Alat analisis yang digunakan
adalah conjoint yang diaplikasikan dalam program SPSS 23. Sampel berjumlah 60
responden yang terdiri dari 30 orang asing yang berada di Surabaya dan 30 orang
asing yang sedang berada di Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa responden lebih senang batik dengan
motif tradisional yang dibuat langsung oleh tangan melalui canting dan
menggunakan bahan sutra sebagai bahan dasar dalam pembuatan batik.