PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BUONO PULP SURABAYA
Abstract
Pada penelitian ini penulis mengambil obyek penelitian yaitu tempat usaha Buono Pulp sebagai pengepul dan pendaur ulang sampah kertas sebelum dijual atau didistribusikan ke beberapa industri yang membutuhkan kertas daur ulang. Tempat usaha ini memiliki permasalahan utama dalam pemasaran, yaitu sulitnya mendapatkan kontrak dengan perusahaan-perusahaan besar. Oleh karenanya Buono Pulp harus segera memperbaiki strategi bisnisnya.S Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu strategi bauran pemasaran atau marketing mix. Marketing mix (4P) terdiri dari yaitu product, price, promotion dan place. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin meneliti lebih lanjut mengenai “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian di Buono Pulp di Surabaya”. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif, dimana populasi dan sampel yang diambil adalah 37 pabrik kertas yang pernah membeli di Buono pulp. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik survey / sampling jenuh. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah : Produk (X1) Harga (X2) Lokasi (X3) Promosi (X4) dan Keputusan Pembelian (Y). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis mengunakan analsis regresi linear berganda. Dan dari hasil analisis data didapatkan hasil bahwa Produk, Harga, Lokasi Dan Promsi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil uji t untuk produk sebesar 0,029 < 0,05. nilai hasil uji t untuk harga sebesar 0,035 < 0,05. Nilai hasil uji t untuk lokasi sebesar 0,007 < 0,05 dan nilai hasil uji t untuk promosi sebesar 0,006 < 0,05.