PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOPI KOPLAKAN
Abstract
Perkembangan makanan dan minuman di Indonesia mengalami
pertumbuhan yang semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun. Industri
makanan dan minuman memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia. Kopi
Koplakan adalah perusahaan yang bergerak di bidang minuman dengan produknya
kopi ijo yang bernama Kopi Koplakan. Omzet penjualan dari Kopi Koplakan terus
menurun dan hanya pernah mencapai target pada bulan April dan Mei dalam
perioede Januari sampai Agustus 2019. Pihak Kopi Koplakan memutuskan untuk
membuat pra survey yang bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang ada di
Kopi Koplakan. Setelah dilakukannya pra survey, diketahui bahwa promosi dan
harga menjadi masalah dari Kopi Koplakan. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti
pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian dari produk Kopi
Koplakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh promosi
dan harga terhadap keputusan pembelian produk Kopi Koplakan. Variabel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah promosi dan harga sebagai variabel bebas,
dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dan analisis linier berganda sebagai model analisisnya. Sampel
dari penelitian ini berjumlah 140 orang responden dan diolah dengan menggunakan
SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa promosi dan harga memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Kopi
Koplakan.