dc.description.abstract | “GUNA GRAPHY’’ adalah bisnis yang bergerak di bidang fotografi dan
manajemen sosial media sebagai value yang diciptakan untuk membantu
para startup bisnis fashion. Masalah yang dihadapi oleh “GUNA GRAPHY’’
pada saat ini yaitu belum memiliki brand identity dan media promosi yang
tepat untuk memperkenalkan brand ini kepada target audience. Perancangan
ini dibuat untuk merancang brand identity dan media promosi yang tepat
untuk jasa fotografi “GUNA GRAPHY’’ agar dapat mengkomunikasikan value
dan identitas perusahaan serta meningkatkan awareness dari target pasar
terhadap brand “GUNA GRAPHY’’.
Metode penelitian dalam perancangan ini menggunakan studi literatur,
penelitian kualitatif, dan kuantitatif. Studi literatur digunakan untuk mencari
landasan teori mengenai brand, brand identity, gaya desain, strategi promosi,
strategi komunikasi visual, dan media promosi untuk perancangan ini.
Penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif dalam penelitian ini
menggunakan teknik kuesioner. Metode kuantitatif yang digunakan dalam
penelitian ini digunakan untuk mencari data mengenai kebiasaan para
audience dan calon customer dalam mencari informasi melalui sosial media
maupun media offline lainnya.
Metode kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
teknik wawancara dengan expert dan extreme user dan ditambah dengan
melakukan FGD ( Focus Group Discussion ). Metode kualitatif yang
digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi, untuk
expert user digunakan untuk mencari informasi mengenai pendapat expert
user tentang desain baru dari brand identity maupun pendapat mereka
mengenai media promosi dari Guna Graphy, sedangkan untuk penelitian fgd
dan extreme user untuk mencari data mengenali kebiasaan calon customer
untuk memastikan apa media yang paling tepat untuk menjangkau target
audienceHasil dari penelitian ini kemudian dirumuskan menjadi sebuah
perancangan untuk membangun brand “GUNA GRAPHY’’. Hasil penelitian ini
didapatkan tagline yang sesuai untuk brand GunaGraphy adalah, creativity
and innovation. Untuk gaya desain yang sesuai untuk brand ini menggunakan
konsep Flat Design yang terkesan Simple, Modern and Playfull. Media
promosi yang sesuai untuk mempromosikan brand Guna Graphy adalah
media instagram dan website untuk media online, sedangkan untuk media
offline menggunakan media pameran (booth), mini katalog, brosur, poster dan
x-banner. | en_US |