PERANCANGAN FILM DOKUMENTER SEBAGAI CONTENT MARKETING UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS PRODUCTION HOUSE CERITA KITA
Abstract
“PERANCANGAN FILM DOKUMENTER SEBAGAI CONTENT MARKETING UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS PRODUCTION HOUSE
CERITA KITA”
Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah film dokumenter dapat membangun brand awareness dari production house Cerita Kita. Data jumlah penonton film Indonesia tahun 2015 mencapai 16,2 juta. Angka ini meningkat lebih dari seratus persen di tahun 2016 (Anisa, 2018). Konsumen semakin menuntut kualitas, dan ada pergerakan yang meningkat dalam minat terhadap kisah nyata dan kisah yang real-time (Steimer, 2017). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek coba extreme user dan expert user yang kompeten dalam bidangnya. Penelitian ini menemukan bahwa film dokumenter mampu meningkatkan brand awareness asalkan cerita yang diangkat memiliki daya tarik yang tinggi, serta perpaduan teknis visual maupun audio yang sesuai tema dan tren. Kemudian komponen penting selanjutnya adalah bagaimana mengemas media promosi yang efektif untuk membangun audience.