PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN IKAN GURAMI UD TAMBAK SUBUR
Abstract
Pada penelitian dengan judul “PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN IKAN GURAMI PADA UD TAMBAK SUBUR” digunakan 5 variabel yang mencakup variabel aesthetic, perceived quality, reliability, serviceability, dan performance. Berdasarkan uraian tersebut selaku pihak manajemen mengganggap penting untuk dilakukannya penelitian mengenai pengaruh dari 5 variabel kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di UD Tambak Subur, baik secara simultan ataupun parsial.
Design penelitian adalah penelitian kuantitatif explanatory dengan sampel adalah konsumen pada UD Tambak Subur sebanyak 55 orang yang juga merupakan populasi penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah statistika dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 13.0.
Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa secara simultan dan parsial semua variabel kualitas jasa yaitu aesthetic, perceived quality, reliability, serviceability, dan performance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada UD Tambak Subur. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,821 yang menandakan prosentase pengaruh yang diberikan 5 variabel kualitas layanan yaitu tangible, assurance, reliable, responsive dan empathy terhadap kepuasan konsumen sebesar 82,1% dan 17,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.