EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK CHEESE TART DENGAN PENGGUNAAN BUBUK KULIT LEMON DALAM BITE A BIT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah limbah kulit jeruk lemon
bisa digunakan sebagai bahan pengental pada pembuatan cheese tart dan apakah
penggunaan Instagram sebagai media promosi sudah efektif dilakukan oleh bisnis
Bite a Bit. Uji organoleptik dilakukan oleh peneliti dengan 30 panelis yang sama
pada tiga kali pengulangan untuk mengetahui sampel mana yang terbaik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada uji organoleptik dilakukan dengan
membagikan kuesioner menggunakan skala Likert. Kemudian peneliti melakukan
analisis menggunakan ANOVA untuk mengetahui sampel mana yang paling disuka
oleh panelis. Berdasarkan ANOVA, cheese tart dengan perlakuan blender dan
komposisi 5% paling disuka oleh panelis. Sehingga sampel tersebut dipilih dan
dijual oleh Bite a Bit. Berdasarkan uji minat pasar yang dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner online, harga yang sesuai adalah Rp. 18.000 dengan
menggunakan kemasan box kardus tebal. Media penjualan online paling banyak
dipilih oleh responden. Media sosial sebagai media online dapat digunakan sebagai
media penjualan oleh sebuah bisnis. Salah satu media sosial yang sering digunakan
adalah Instagram. Bite a Bit melakukan penjualan produknya melalui Instagram.
Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran tingkat efektivitas Instagram sebagai
media promosi. Pengukuran menggunakan konsep Attention, Interest, Desire, and
Action pada penelitian ini menghasilkan penggunaan Instagram oleh Bite a Bit
sebagai media promosi sudah dikatakan efektif. Hasil penelitian menunjukkan, (1)
Konsumen memperhatikan isi Instagram Bite a Bit, (2) Konsumen tertarik untuk
mencari informasi lebih dalam, (3) Konsumen memiliki keinginan pada produk
cheese tart, dan (4) Konsumen melakukan tindakan pembelian produk Bite a Bit.