| dc.contributor.author | MAULIDINA, SALMA SAFIRA | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-11T07:47:07Z | |
| dc.date.available | 2022-01-11T07:47:07Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4094 | |
| dc.description | The purpose of this research is to find out whether the lemon peel waste can be used
as a thickening agent in making cheese tart and using Instagram as a promotion
tool has been effectively carried out by the Bite a Bit business. Organoleptic tests
were carried out by researchers with same 30 panelists on three repetitions to find
out which sample was the best. Data collection in the organoleptic test was carried
out by distributing a questionnaire using a Likert scale. Then the researchers
conducted an analysis using ANOVA to find out which sample the panelists liked
the most. Based on ANOVA, panelists preferred cheese tart with a blender
treatment and a composition of 5%. So that the sample was selected and sold by
Bite a Bit. Based on the market interest test conducted by distributing online
questionnaires, the appropriate price is Rp. 18,000 by using a thin cardboard box
as packaging. The online sales medium is mostly chosen by respondents. Social
media as online media can be used as a promotion tool by a business. One of the
social media that is often used is Instagram. Bite a Bit sells its products through
Instagram. Therefore it is necessary to measure the level of effectiveness of
Instagram as a promotion tool. Measurement using the Attention, Interest, Desire,
and Action concept in this study resulted in the use of Instagram by Bite a Bit as a
promotion tool that was said to be effective. The results showed, (1) Consumers pay
attention to the contents of Bite a Bit’s Instagram, (2) Consumers are interested in
looking for deeper information, (3) Consumers have a desire for cheese tart
products, and (4) Consumers take an action to purchase Bite a Bit’s products. | en_US |
| dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah limbah kulit jeruk lemon
bisa digunakan sebagai bahan pengental pada pembuatan cheese tart dan apakah
penggunaan Instagram sebagai media promosi sudah efektif dilakukan oleh bisnis
Bite a Bit. Uji organoleptik dilakukan oleh peneliti dengan 30 panelis yang sama
pada tiga kali pengulangan untuk mengetahui sampel mana yang terbaik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada uji organoleptik dilakukan dengan
membagikan kuesioner menggunakan skala Likert. Kemudian peneliti melakukan
analisis menggunakan ANOVA untuk mengetahui sampel mana yang paling disuka
oleh panelis. Berdasarkan ANOVA, cheese tart dengan perlakuan blender dan
komposisi 5% paling disuka oleh panelis. Sehingga sampel tersebut dipilih dan
dijual oleh Bite a Bit. Berdasarkan uji minat pasar yang dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner online, harga yang sesuai adalah Rp. 18.000 dengan
menggunakan kemasan box kardus tebal. Media penjualan online paling banyak
dipilih oleh responden. Media sosial sebagai media online dapat digunakan sebagai
media penjualan oleh sebuah bisnis. Salah satu media sosial yang sering digunakan
adalah Instagram. Bite a Bit melakukan penjualan produknya melalui Instagram.
Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran tingkat efektivitas Instagram sebagai
media promosi. Pengukuran menggunakan konsep Attention, Interest, Desire, and
Action pada penelitian ini menghasilkan penggunaan Instagram oleh Bite a Bit
sebagai media promosi sudah dikatakan efektif. Hasil penelitian menunjukkan, (1)
Konsumen memperhatikan isi Instagram Bite a Bit, (2) Konsumen tertarik untuk
mencari informasi lebih dalam, (3) Konsumen memiliki keinginan pada produk
cheese tart, dan (4) Konsumen melakukan tindakan pembelian produk Bite a Bit. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Action | en_US |
| dc.subject | ANOVA | en_US |
| dc.subject | Attention | en_US |
| dc.subject | Bubuk Kulit Jeruk Lemon | en_US |
| dc.subject | Cheese Tart | en_US |
| dc.subject | Desire | en_US |
| dc.subject | Efektivitas Instagram | en_US |
| dc.subject | Interest | en_US |
| dc.subject | Uji Minat Pasar | en_US |
| dc.subject | Uji Organoleptik | en_US |
| dc.title | EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK CHEESE TART DENGAN PENGGUNAAN BUBUK KULIT LEMON DALAM BITE A BIT | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 40217096 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 40217096 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | MICHAEL RICKY SONDAK | |