| dc.contributor.author | SETIJAWAN, REYNALDO NICO | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-11T08:05:21Z | |
| dc.date.available | 2022-01-11T08:05:21Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4095 | |
| dc.description | The main objective of this study was to utilize durian skin, which is unused waste.
The durian skin that is used is the inside (albedo). Utilization of the inner durian
skin (albedo) can also increase the value of the durian skin, one of which can be
processed into chewy cookies. The inner durian skin (albedo) is processed into
flour and then used as an addition to wheat flour in making chewy cookies. This
research is also useful for knowing the application of the marketing mix on
purchasing decisions for the product of chewy cookies, inner durian skin flour
(albedo) in Yogyakarta. The researcher conducted an organoleptic test on 30
panelists with three repetitions with a total of 90 panelists by distributing
questionnaires and using a Likert scale. After the data was collected, the
researcher then processed the data using ANOVA to find out which composition
the panelists liked the most. Based on the ANOVA test, the panelist's most
preferred composition was chewy cookies with the addition of 10 grams of inner
durian skin flour (albedo). Researchers also conducted a market interest test
which aims to determine consumer interest in the product of chewy cookies, inner
durian skin flour (albedo). Based on the results of the market interest test which
was followed by 91 respondents, as many as 84 respondents were interested in
buying chewy cookies products, inner durian skin flour (albedo), 77 respondents
chose the price of Rp. 6,000 for the product of chewy cookies, inner durian skin
flour (albedo), and 77 respondents. respondents chose Instagram as a sales
platform for chewy cookies, inner durian skin flour (albedo). Researchers want to
know the purchasing decisions of chewy cookies products in Yogyakarta by
connecting indicators, one of which is the marketing mix. Researchers conducted
interviews with three informants with indicators of purchasing decisions,
marketing strategies, marketing mix, product attributes, price attributes,
promotion mix, and sensory characteristics of food. The results of the analysis
show, (1) Factors such as product quality, price, and promotion determine
purchasing decisions (2) Texture, color, aroma and taste greatly affect product
quality (3) Marketing strategies such as online promotion are important in selling
products ( 4) Product attributes are a major factor in product sales (5) Price
attributes are an important factor in product sales (6) Promotion mix is very
important to increase product sales | en_US |
| dc.description.abstract | Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memanfaatkan kulit durian yang
merupakan limbah yang tidak terpakai. Kulit durian yang dimanfaatkan adalah
bagian dalam (albedo). Pemanfaatan kulit durian bagian dalam (albedo) juga
dapat meningkatkan nilai dari kulit durian tersebut, salah satunya dapat diolah
menjadi chewy cookies. Kulit durian bagian dalam (albedo) diolah menjadi tepung
lalu penggunaannya sebagai penambahan tepung terigu dalam pembuatan chewy
cookies. Penelitian ini juga berguna untuk mengetahui aplikasi bauran pemasaran
terhadap keputusan pembelian terhadap produk chewy cookies tepung kulit durian
bagian dalam (albedo) di Yogyakarta. Peneliti melakukan uji organoleptik kepada
30 panelis dengan tiga kali pengulangan dengan total seluruh panelis sejumlah 90
panelis dengan membagikan kuesioner dan peniliaiannya menggunakan skala
likert. Setelah data terkumpul, kemudian peneliti mengolah data menggunakan
ANOVA untuk mengetahui komposisi yang paling disukai panelis. Berdasarkan
uji ANOVA, komposisi yang paling disukai panelis adalah chewy cookies dengan
penambahan tepung kulit durian bagian dalam (albedo) sebanyak sepuluh gram.
Peneliti juga melakukan uji minat pasar yang bertujuan untuk mengetahui minat konsumen
terhadap produk chewy cookies tepung kulit durian bagian dalam (albedo). Berdasarkan
hasil uji minat pasar yang diikuti oleh 91 responden, sebanyak 84 responden
tertarik untuk membeli produk chewy cookiestepung kulit durian bagian dalam (albedo),
77 responden memilih harga Rp 6.000 untuk produk chewy cookies tepung kulit durian
bagian dalam (albedo), dan 77 responden memilih Instagram sebagai platform penjualan
produk chewy cookies tepung kulit durian bagian dalam (albedo). Peneliti ingin
mengetahui keputusan pembelian terhadap produk chewy cookies di Yogyakarta
dengan menghubungkan indikator-indikator salah satunya adalah bauran
pemasaran. Peneliti melakukan wawancara kepada tiga informan dengan indikator
keputusan pembelian, strategi pemasaran, bauran pemasaran, atribut produk,
atribut harga, bauran promosi, dan karakteristik sensori makanan. Hasil analisis
menunjukkan, (1) Faktor-faktor seperti kualitas produk, harga, dan promosi
menentukan keputusan pembelian (2) Tesktur, warna, aroma dan rasa sangat
memengaruhi kualitas produk (3) Strategi pemasaran seperti promosi online
penting dilakukan dalam melakukan penjualan produk (4) Atribut produk
merupakan faktor utama dalam penjualan produk (5) Atribut harga merupakan
faktor penting dalam penjualan produk (6) Bauran promosi sangat penting untuk
meningkatkan penjualan produk. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | ANOVA | en_US |
| dc.subject | Bauran Pemasaran | en_US |
| dc.subject | Bauran Promosi | en_US |
| dc.subject | Tepung Kulit Durian Bagian Dalam (Albedo) | en_US |
| dc.subject | Chewy Cookies | en_US |
| dc.subject | Keputusan Pembelian | en_US |
| dc.subject | Uji Minat Pasar | en_US |
| dc.subject | Uji Organoleptik | en_US |
| dc.title | APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CHEWY COOKIES DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG KULIT DURIAN BAGIAN DALAM (ALBEDO) DI YOGYAKARTA | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0729016502 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 40217023 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Hari Minantyo | |