STRATEGI MARKETING MIX PADA PERUSAHAAN KENE KOPI
Abstract
STRATEGI MARKETING MIX PADA PERUSAHAAN KENE KOPI
Indonesia adalah negara yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan agragris serta mempunyai segala sesuatu yang berhubungan dengan pertanian. Kegiatan minum kopi sebagai rutinitas harian masyarakat di berbagai wilayah, bahkan masyarakat perkotaan menjadikan suatu kebiasaan mengonsumsi kopi sebagai gaya hidup mereka. Di kota Gresik sendiri, budaya kegiatan meminum kopi sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat sehingga banyak bermunculan kedai-kedai kopi di sepanjang kota Gresik. Kene Kopi adalah salah satu bisnis kedai kopi yang berlokasi di pusat kota Gresik dan mempunyai konsep bisnis yang berbeda dari kedai-kedai kopi pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Marketing Mix pada Kene Kopi. Kene Kopi menjual produk berupa Es Kopi Susu yang berlokasi di kota Gresik, berkonsep Coffee to go, dan menggunakan media promosi Instagram dan Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Marketing Mix guna meningkatkan penjualan Kene Kopi. Penentuan sumber data pada subjek yang diteliti dilakukan dengan pertimbangan tertentu, yaitu manajemen perusahaan, pelanggan dan ahli praktisi marketing. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan dokumentasi dalam penelitian ini adalah metode triangulasi. Hasil yang didapat dari penelitian menyatakan difokuskan kedalam manajemen bahwa Kene Kopi melakukan riset pasar untuk menentukan target yang akan dituju. Implementasi marketing mix, produk diterapkan berdasarkan kebutuhan atau keinginan konsumen, harga diimplementasikan dengan menerapkan metode penerapan harga berdasarkan kualitas produk dan harga kompetitor, lokasi berada dijalan utama di pusat kota jalan Dr.Soetomo nomor 38 serta mempunyai akses yang mudah, dan promosi diterapkan berdasarkan media sosial Instagram dan Facebook serta pendekatan secara langsung seperti komunikasi barista dan mengkomunikasikan nilai produk dengan sebar voucher.