PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI PIZZA JABER
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Guna
mengumpulkan data penelitian yang disebarkan kepada responden yaitu mayoritas
masyarakat yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk Pizza Jaber dan
mengunjungi langsung tempat Pizza Jaber. Pengambilan sampel dilakukan dengan
metode purposive sampling. Kuesioner akan dibagikan sejumlah 97 kuesioner
sebagai bahan analisis dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan PLS (Partial Least Square) 3.0. Pada penelitian
ini dilakukan analisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Dari situ didapatkan bahwa pengaruh
kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan tidak signifikan. Kemudian,
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan yaitu signifikan dan
pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan yaitu signifikan.