PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI MAKANAN TRADISIONAL DI MEY’S KITCHEN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan
Promosi terhadap Minat Beli Makanan Tradisional dari bisnis Mey’s Kitchen . Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh hasil pra-survey yang menanyakan hal apa saja yang dapat meningkatkan
minat beli dari bisnis Mey’s Kitchen, sehingga dari pra-survey tersebut dihasilkan 3 variabel
yang dapat meningkatkan minat beli antara lain, kualitas produk, harga, dan promosi.
Sebagai upaya untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menyebarkan 102 kuesioner
kepada responden yang berusia 15-60 tahun melalui kuisioner online, pengambilan sampel
dilakukan dengan metode menggunakan teori Lemeshow. Teknik penarikan sampel yang
digunakan adalah dengan memakai non-probability sampling yaitu purposive sampling.
Kuisioner yang telah diberikan pada responden dinyatakan layak seluruhnya dan digunakan
dalam penelitian ini.
Pada Uji t atau uji parsial yang dilakukan dalam penelitian ini, didapati hasil perhitungan
yang menyatakan bahwa faktor dari kualitas produk yaitu nilai Sig = 0,189, harga yaitu nilai Sig
= 0,000, dan promosi yaitu nilai Sig = 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, bisa diketahui bahwa
kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli makanan tradisional dari
Mey’s Kitchen, sedangkan variabel harga & promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas produk yang ada pada Mey’s
Kitchen telah diakui kualitas dan citarasa khasnya, sedangkan harga produk perlu diperhatikan
dari segi kesamaan dengan kualitas produk yang ditawarkan serta harga yang harus bersaing
dengan produk sejenis. Untuk promosi, Mey’s Kitchen perlu memperhatikan konten promosi
yang diberikan dan juga adanya posting promosi secara regular agar semakin menarik minat beli
calon konsumen.