PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KING COOKIES
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen King Cookies di Surabaya. Penting bagi pemasar untuk meneliti kepuasan konsumen karena konsumen yang puas akan melakukan pembelian ulang dan melanjutkan pengalamannya kepada orang lain, yang akan berdampak pada loyalitas konsumen dan kenaikan omset perusahaan.
Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2), harga (X3), dan kepuasan konsumen King Cookies (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen King Cookies yang melakukan pembelian produk periode tahun 2011-2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria pengambilan sampel yaitu konsumen King Cookies yang membeli produk untuk diberikan kepada orang lain.
Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Analisis Linier Berganda dengan menggunakan 93 data responden kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas layanan, dan harga berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen King Cookies. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen.