PENERAPAN ANALISIS BIAYA RELEVAN SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAKE-OR-BUY PADA PERUSAHAAN CABLETOWN
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan analisis biaya relevan sebagai dasar pengambilan keputusan make-or-buy dalam Perusahaan Cabletown. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan yang harus diambil oleh Perusahaan Cabletown antara alternatif tetap mendistribusikan produk korean shoes dari distributor atau mulai memproduksi sendiri lini produk korean shoes dengan sistem outsourcing pada pabrik Yongki Komaladi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis biaya relevan dengan membandingkan manfaat dan biaya relevan dari masing-masing alternatif keputusan. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis non-keuangan dengan menganalisis faktor- faktor kualitatif dan mengambil keputusan dari alternatif yang terbaik. Perusahaan juga harus mempertimbangkan dampak jangka panjang dari keputusan yang diambil. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa analisis biaya relevan dapat digunakan dalam mengambil keputusan jangka pendek perusahaan. Keputusan terbaik yang sebaiknya diambil oleh Perusahaan Cabletown adalah mulai memproduksi sendiri lini produk korean shoes dengan sistem outsourcing pada pabrik Yongki Komaladi. Penelitian ini dilakukan terbatas sebagai pengambilan keputusan jangka pendek dengan proyeksi keuangan dibatasi untuk dua tahun ke depan mulai tahun 2013.