Pengaruh Merek dan Inovasi Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
PENGARUH MEREK DAN INOVASI KEMASAN TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LIVIN’S ES PUTER
SINGAPURA DI SURABAYA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh merek dan inovasi
kemasan terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen kepada
Livin’s Es Puter Singapura. Melalui hasil analisa menggunakan SPSS 11,5
diketahui bahwa merek tidak memiliki pengaruh sedangkan Inovasi kemasan
memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian yang dilakukan konsumen
kepada Livin’s Es Puter Singapura. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan
uji-t yang sangat lemah dan hasil yang tidak signifikan antara merek terhadap
keputusan pembelian konsumen, sehingga dapat disimpulkan bahwa merek tidak
memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini disebabkan
oleh nama yang panjang, dan responden juga tidak menemukan ciri khas
Singapura pada Livin’s Es Puter Singapura. Sedangkan inovasi kemasan memiliki
pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, terbukti dari hasil t-hitung
yang lebih besar dari t-tabel didukung dengan signifikansi dibawah 5%. Dari hasil
kuesioner terbukti responden setuju bahwa penggunaan batok kelapa memberikan
ketertarikan, keunikan, dan juga lebih ramah lingkungan. Uji F yang dilakukan
untuk mengetahui pengaruh merek dan inovasi kemasan secara bersamaan
menunjukkan bahwa merek dan inovasi memiliki pengaruh secara bersama-sama
terhadap keputusan pembelian konsumen. Terbukti bahwa inovasi kemasan
memiliki pengaruh lebih besar daripada merek, namun merek dan inovasi
kemasan secara bersama-sama mampu mempengaruhi keputusan pembelian yang
dilakukan konsumen. Dalam uji regresi besar kontribusi merek dan inovasi
kemasan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh
konsumen adalah 36,4%, dengan kesimpulan 36,4% keputusan pembelian yang
dilakukan oleh konsumen diwakili oleh merek dan inovasi kemasan.