ANALISA KUALITAS SERVICE DAN MAKANAN (RASA, PORSI DAN PENYAJIAN) MEMPENGARUHI LOYALITAS PENGUNJUNG DI PLATINUM GRILL SURABAYA
Abstract
Platinum Grill adalah restaurant western comfort food yang merupakan salah satu
restaurant fine dining di Surabaya yang baru berdiri mulai dari tahun 2008. Platinum
Grill berlokasi di Permata Golf Blok G Graha Family Surabaya. Platinum Grill
Surabaya dibawahi oleh PT. Intiland, yang dimana tidak ada kepemilikan atas nama
pribadi. Platinum Grill berbeda dengan restaurant biasa, bisa dibedakan dengan
makanan yang disajikan, pelayanan yang diberikan, dan suasana yang mendukung
lengkapnya restaurant tersebut. Pelayan di Platinum Grill dinamakan butler bukan
waitress atau waiter. Butler berbeda dengan waitress atau waiter. Nama butler sendiri
sebenarnya diambil dari kata wine butler. Dalam penelitian kali ini untuk mencari tahu
apakah service dan kualitas makanan mempengaruhi loyalitas pengunjung di Platinum
Grill Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi
berganda atau bisa juga disebut regresi linier berganda karena variabel yang digunakan
lebih dari satu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability
sampling dan jenis sampling yang dipakai adalah sampling purposive. Jumlah kuesioner
yang dibagai adalah 110 tetapi yang dipakai adalah sebanyak 103 karena 7 dari 110
kuesioner tersebut ada yang menjawab dengan tidak lengkap sehingga tidak dapat
digunakan. Ada beberapa macam teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas
dan reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi ganda, uji T, uji F dan uji asumsi
klasik. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa service dan kualitas makanan
bersama-sama memiliki pengaruh terhadap loyalitas pengunjung dapat dilihat dari hasil
uji F yang didapatkan bahwa F hitung dari service dan kualitas makanan sebesar 50,889
yang berarti lebih besar dari F tabel 3,09.