SANTOINETTE PATISSERIE
Abstract
SANTOINETTE PATISSERIE
Perkembangan bisnis kuliner di Surabaya terus meningkat dari tahun ke tahun.
Hal ini dapat dilihat dari persaingan didalam bisnis semakin ketat. Persaingan
mulai ketat pada saat perusahaan asing masuk ke Indonesia, maka dari itu setiap
usaha yang bergerak pada bidang kuliner harus memiliki perbedaan dengan
keunikan yang berbeda dalam membuka suatu usaha baru. Pengusaha akan
dituntut untuk melakukan inovasi yang berbeda dengan pesaing yang ada. Inovasi
yang akan dikembangkan yaitu mulai dari menu hingga
marketing
.
Bisnis yang
akan dijalankan pun mencakup tentang perencanaan konsep design kafe, menu,
strategi pemasaran, serta perhitungan dalam keuangan. Santoinette Patisserie
merupakan jenis usaha kafe yang menjual
dessert
sebagai menu utama yang
menyediakan
homemade
patisserie
. Santoinette Patisserie menawarkan produk
pannacotta
,
ice
cream
,
cake
sebagai menu utama di kafe Santoinette Patisserie.
Pannacotta
yang tidak terlalu manis dengan tekstur yang lembut membuat
dessert
ini yang paling di gemari oleh pelanggan. Santoinette Patisserie ini akan berlokasi
di Raya Darmo Permai nomor 29 dengan luas lokasi 200m
2
ini memiliki
design
interior
yang di dominasi warna putih bersih dengan sentuhan minimalis dan
elegan. Harga menu yang akan ditetapkan berdasarkan pada penrhitungan biaya
yang dikeluarkan untuk bagian produksi maupun biaya operasional yang
dikeluarkan oleh Santoinette Patisserie. Harga menu yang ditawarkan mulai dari
harga Rp. 15.000 hingga Rp. 50.000. strategi pemasaran yang akan dibahas yaitu
dengan menggunakan analisis
industry
,
business
model
canvas
, dan bauran
pemasaran (8P). Santoinette Patisserie juga menerapkan
service blueprint
untuk
menjalankan operasional yang menerapkan
Standard Operating Procedure
yang
akan dilakukan oleh karyawan di Santoinette Patisserie. Sumber yang lain berasal
dari pembagian kuesioner, referensi buku untuk pembuatan
business plan
ini.
Analisis proyeksi laporan keuangan diasumsikan berdasarkan target pengunjung
dengan sesuai kondisi yang sebernarnya. Dari hasil analisis yang didapatkan dari
perhitungan
net present value
sebesar Rp. 6.530.681.247 pada tahun 2021 yang
memiliki arti bahwa usaha ini layak untuk dijalankan.