UPAYA PENINGKATAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PERUSAHAAN QUANTUM PLASTIC
Abstract
UPAYA PENINGKATAN SALURAN DISTRIBUSI PADA
PERUSAHAAN QUANTUM PLASTIC
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi saluran distribusi yang
tepat bagi perusahaan distributor plastik. Penelitian ini bersifat kualitatif
deskripsitif. Penelitian ini menggunakan metode benchmarking kepada dua
perusahaan distributor plastik dan satu pabrik plastik. Metode analisis data
menggunakan wawancara mendalam dan observasi kepada ketiga perusahaan
benchmarking. Validitas pada penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber
yaitu berdasarkan hasil yang diperoleh dari masing-masing sumber. Reliabilitas
yang digunakan pada penelitian ini adalah reliabilitas dependability yaitu hasil
penelitian yang didapatkan di lapangan pencatatannya harus sesuai pada laporan
penelitian.
Hasil dari penelitian ini memunculkan dua strategi. Pada tahun pertama
sampai tahun ketiga, strategi yang digunakan yaitu saluran distribusi langsung ke
end user dan saluran distribusi tidak langsung reseller. Cakupan distribusi
menggunakan intensif yaitu, menawarkan ke seluruh konsumen potensial yang
ada. Struktur saluran distribusinya menggunakan good approach yaitu survei
lapangan dengan mempertimbangkan lima faktor replacement rate, gross margin,
adjustment, time of consumption, dan searching time. Selain itu fungsi saluran
distribusi harus dijalankan dengan baik agar strategi-strategi yang ditetapkan
dapat berjalan dengan baik. Setelah tahun ketiga cakupan distribusi berubah
menjadi selektif, bertujuan untuk memperkuat layanan ke konsumen tetap, dan
struktur saluran distribusinya menambahkan financial approach yang bertujuan
untuk memenangkan persaingan antarperusahaan distributor. Temuan lainnya
yaitu, pelayanan yang diberikan baik kepada konsumen maupun karyawan
membuat loyalitas konsumen dan karyawan semakin tinggi.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Perbandingan Harapan konsumen merek sepeda motor suzuki dan Honda dalam aspek produk, harga, saluran distribusi dan promosi
Sutanto, J.E; Yohandoyo., Christian (Manajemen Bisnis – Vol.10 No.2, September 2011 – ISSN: 1412-3789 - Universitas Surabaya, 2011-09)Harapan konsumen merupakan landasan konsumen tersebut untuk melakukan keputusan pembelian. Pada kenyataannya tingkat harapan seseorang dapat dinilai, dapat diukur, serta dapat dipengaruhi. Permasalahan dalam penelitian ini ... -
ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI YANG SESUAI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN J-5758
Misda Siburian, Chaterine (Universitas Ciputra, 2014)ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI YANG SESUAI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN J-5758 Menjalankan bisnis garment khususnya fashion di bidang olahraga terdapat persaingan yang ketat antar kompetitior dengan harga yang cukup ... -
ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI YANG SESUAI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN J-5758
Siburian, Chaterine Misda (2014)ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI YANG SESUAI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN J-5758 Menjalankan bisnis garment khususnya fashion di bidang olahraga terdapat persaingan yang ketat antar kompetitior dengan harga yang cukup ...