PENGARUH BRAND IMAGE, SALES PERSON, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO MEBEL MAJU DI AMBULU
Abstract
Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, sales person, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen toko Mebel maju di Ambulu. Penting bagi pemilik usaha untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen mengingat pangsa pasar pada industri mebel di desa Ambulu yang sangat besar.Sehingga pemilik usaha dapat mengapplikasikan strategi yang tepat pada pasar industri mebel di Ambulu.Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah brand image (X1), sales person (X2), harga (X3) dan keputusan pembelian (Y) toko Mebel Maju. Populasi penelitian dan sampel dari penelitian ini adalah pengunjung dan pembeli di toko Mebel Maju. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dimana peneliti tidak memberikan kriteria khusus terhadap calon responden.Model analisis yang digunakan adalah model Analisis Linier Berganda dengan membagikan kuesioner terhadap 90 responden. Hasil dari analisis menunjukan bahwa brand image, sales person, dan harga memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen. brand image memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,831 dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05).