PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI DI TANDATANYA.SUB COFFEE
Abstract
Pertumbuhan coffeeshop di Indonesia memiliki pertumbuhan signifikan setiap tahunnya, hal ini juga didukung dengan semakin meningkatnya angka jumlah peminum kopi di Indonesia setiap tahunnya. Dengan semakin bertumbuhnya minat konsumsi kopi di Indonesia, ini menjadikan peluang yang sangat besar bagi para pelaku usaha bisnis kedai kopi di seluruh Indonesia yang berlomba - lomba bersaing dengan Industri Kopi di Indonesia dengan menonjolkan karakteristik yang berbeda - beda di setiap bisnisnya. Salah satunya adalah Tandatanya.Sub Coffee kedai kopi bisnis yang muncul pada tanggal 10 bulan Oktober tahun 2019. Melihat semakin tingginya daya saing bisnis kedai kopi yang ada di Indonesia, Tandatanya.Sub Coffee berusaha untuk menampilkan karakteristik dari suasana toko ata u store atmosphere agar juga dapat meningkatkan minat beli dari konsumen dan berusaha melakukan kegiatan promosi yang dilakukan melalui aplikasi Instagram dengan memberian diskon kepada para konsumen untuk meningkatkan minat beli. Penelitian ini menggunaka n metode kuantitatif dengan banyak sampel sebesar 95 responden menggunakan rumus slovin. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non - probability sampling dengan jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa data primer dan sekun der, dimana data primer dengan penyebaran kuesioner bantuan skala Likert dan data sekunder berupa penelitian terdahulu, jurnal, buku, dan internet. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada variabel independen atau variabel bebas yaitu store atmosph ere dan promosi, variabel dependen yaitu minat beli. Data yang dihasilkan melalui program SPSS, menggunakan metode analisis Uji Regresi Linear Berganda yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji f, uji t, uji koefisien korelasi (R) dan Koefisie n Determinasi (R2), uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji linearitas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh store atmosphere secara parsial berpangaruh signifikan terhadap minat beli konsumen di Tandatanya.SUB Coffee dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, promosi juga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat beli konsumen di di Tandatanya.SUB Coffee dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Hasil peneliti an ini juga menunjukan adanya pengaruh Store Atmosphere dan Promosi terhadap minat beli konsumen di Tandatanya.SUB Coffee dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Koefisien detereminasi R Square memiliki nilai 0,566. Dapat diketahui 56,6% variabel bebas dap at menjelaskan variabel terikat, sedangkan 43,4% tidak masuk dalam penelitian karena dipengaruhi oleh faktor lain.

