PERANCANGAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA DI SEKOLAH CITRA KASIH – SEKOLAH CITRA BERKAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mereview keunggulan dan kendala implementasi balanced scorecard di Sekolah Citra Kasih (SCK)-Sekolah Citra Berkat (SCB) serta merancang balanced scorecard yang sesuai untuk diimplementasikan di SCK-SCB. Sebelumnya balanced scorecard sebagai alat pengukuran kinerja, pernah diiimplementasikan di Sekolah Citra Berkat CitraLand Surabaya selama 2 periode tahun ajaran (2013/2014 dan 2014/2015). Namun sempat terhenti dan baru diimplementasikan kembali untuk semua sekolah yang bernaung dibawah SCK-SCB pada periode tahun ajaran 2020/2021. Proses review terhadap implementasi balanced scorecard perlu dilakukan, agar dapat menjadi referensi bagi perancangan BSC yang sesuai untuk diimplementasikan di SCK-SCB periode mendatang. Model analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Simple Research Design dengan analisis data menggunakan metode balanced scorecard . Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, interview dengan 5 informan kunci, yang terdiri atas 1 orang Executive Board Secretary, 2 orang School General Manager dan 2 orang Head of School dari SCK-SCB, serta dengan melakukan benchmarking dengan Universitas Ciputra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan personil yang concern dalam menangani BSC menjadi kendala dalam implementasi BSC. Sosialisasi ke semua PIC yang bertanggung jawab atas pencapaian BSC juga perlu dilakukan diawal penetapan BSC sebagai alat pengukuran kinerja, selain itu keterlibatan dan komitmen leader dalam penyusunan BSC juga menjadi faktor implementasi BSC dapat berjalan dengan baik. Dari hasil wawancara, diperoleh kesimpulan bahwa sesuai visi dan misi organisasi terdapat 10 strategic objective yang ingin dicapai oleh SCK-SCB. Strategic objective tersebut di- breakdown menjadi 22 indikator pengukuran, dimana 18 indikator diantaranya adalah indikator yang telah dipergunakan pada BSC periode tahun ajaran 2020/2021, dan 4 diantaranya adalah indikator baru. Hasil perancangan BSC ini akan diimplementasikan mulai periode tahun ajaran 2022/2023.

