PE NGARUH BIAYA ADVERTENSI DAN BIAYA PEN GIRIMAN TERHADAP PENJUALAN PT JAYA AGUNG MAKMUR
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Pengaru h Biaya Advertensi d an Biaya Pengiriman t erhadap Penjualan PT Jaya Agung Makmur . ” Tujuan penelitian in i adalah untuk mengetahui pengaruh biaya advertensi dan biaya pengiriman secara simultan dan secara parsial terhadap penjualan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplana tori . Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT Jaya Agung Makm ur dari bulan Juni 2009 sampai dengan Februari 201 1 . Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel terikat berupa penjualan dan variabel bebas berupa biaya adve rtensi dan biaya pengiriman dengan menggunakan analisis regresi linier bergand a . H asil yang didapat kan dari penelitian ini adalah biaya advertensi dan biaya pengiriman berpengaruh secara simultan terhadap penjualan . Besarnya pengaruh biaya advertensi dan biaya pengiriman secara simultan terhadap penjualan adalah sebesar 7 8, 3 % , sedangkan sisanya 21,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini . B iaya advertensi dan biaya pengiriman juga berpengaruh secara parsial terhadap penjualan . Besar koefisien determinasi biaya advertensi adalah 82,2% dan besar koefisien determinas i biaya pengiriman terhadap penjualan adalah 32,1%
