PENENTUAN STRATEGI PROMOSI DARING PADA BISNIS RADIN MENGGUNAKAN BENCHMARKING
Abstract
Radi n adalah perusahaan yang bergerak di industri fesyen dan didirikan pada bulan Agustus 2013 di Surabaya. Produk yang ditawarkan Radin yaitu tas dan kerajinan tangan berbahan dasar kulit dan dikombinasikan dengan bahan kerajinan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti strategi promosi daring perusahaan benchmark yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan strategi promosi daring yang sesuai bagi perusahaan Radin. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan lima informan yaitu, tiga informan perusahaan benchmark dan dua informan perusahaan Radin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawan cara dan dokumentasi. Validitas dan reliabilitas data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan Radin dapat menentukan strategi promosi daring yang sesuai menggunakan benchmarking. Berdasarkan hasil analisis wawancara dengan perusahaan benchmark, dapat diketahui bahwa strategi yang digunakan perusahaan benchmark merupakan aspek dari bauran promosi. Bauran promosi terdiri dari periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, informasi dari mulut ke mulut, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Peneliti menemukan strategi promosi yang baru bagi Radin yaitu, strategi periklanan dengan endorse dan promosi penjualan dengan diskon, hadiah, bundling, kontes, promosi silang dan garansi. Sementara strategi penjualan perseorangan Radin sudah sesuai dengan ketiga perusahaan benchmark. Sedangkan untuk strategi lainnya perlu diperbaiki dan ditambah, seperti informasi dari mulut ke mulut yang pada umumnya terjadi secara spontan dan dilakukan oleh konsumen seperti mengunggah foto produk perusahaan. Hubungan masyarakat dilakukan dengan memberi informasi mengenai semua kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam bentuk visual di Instagram untuk mendapat simpati dan dukungan dari masyarakat. Terakhir, pemasaran langsung dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram secara optimal. Peneliti juga menemukan bahwa terdapat cara-cara untuk mengelola Instagram dengan baik salah satunya dengan melakukan riset jadwal pengunggahan foto dan mengikuti tren di Instagram

