EVALUASI MODEL BISNIS LE’MOUSTE DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merancang Business Model Canvas yang baru untuk Le’Mouste . Le’Mouste merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang food and beverage , khususnya frozen catfish yang menawarkan berbagai varian olahan ikan lele. Namun dalam tahap start up ini masih banyak kendala yang dihadapi oleh Le’Mouste , seperti masalah distribusi yang lemah dan sulit menemukan reseller . Le’Mouste belum mampu bekerja sama dengan supermarket -supermarket sehingga menghambat jalur distribusi untuk memperluas pasar. Dari segi operasional, Le’Mouste bergantung penuh kepada satu supplier , belum mampu memperkerjakan seorang tenaga kerja karena minimnya modal usaha, dan biaya bahan baku yang tinggi. Dari segi pemasaran, Le’Mouste kurang optimal dalam menggunakan sosial media. Le’Mouste jarang meng update sosial media sehingga banyak masyarakat yang belum mengenal produk Le’Mouste . Le’Mouste juga jarang mengikuti pameran atau bazar sebagai sarana pemasaran. Le’Mouste hanya mengandalkan door- to -door sebagai kegiatan penjualan dan pemasaran. Berdasarkan fakta dan fenomena yang terjadi secara global dalam perusahaan, maka perlu dilakukan evaluasi dan perencanaan model bisnis baru untuk memberikan jalan keluar setiap masalah perusahaan. Business Model Canvas adalah alat pemasaran yang mendeskripsikan bagaimana perusahaan membuat, memberi, dan menangkap nilai-nilai dari bisnis yang dijalankan, maka BMC dapat digunakan untuk membantu mengevaluasi model bisnis yang digunakan perusahaan. Evaluasi dan perancangan ini menggunakan landasan teori seputar BMC, informasi dari penelitian terdahulu, serta informasi dari internal perusahaan, expert dibidang pemasaran dan perusahaan sej enis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan wawancara semi-terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Sedangkan untuk menguji validitas dan reliabilitas hasil penelitian, peneliti menggunakan metode triangulasi sumber. Data yang didapatkan dari wawancara direduksi serta dianalisis untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dan menyusun BMC baru. Hasil dari penelitian ini adalah evaluasi kelemahan setiap elemen BMC dan alternatif BMC yang meliputi value proposition, customer segments, customer relationships, channels, key partners, key activities, key resources, revenue streams, dan cost structure
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Business Model Canvas Sebagai Alat Untuk Perancangan Dan Evaluasi Model Bisnis
Kohardinata, Cliff (Proceeding Forum Menejemen Indonesia 6 – November 2014 – P.132 – Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Universitas Sumatera Utara Mendan, 2014-11)The good company should has a business that fulfills four main criteria: unique, relevant to the needs of the market, profitable and sustainable. Commonly, beginner entrepreneurs have difficulty to find and plan business ... -
Model-Model Pelatihan dan Pengembangan SDM
Hatta, Herman SKM., M.Si.; Umiyati, Hesti S.E., M.M.; Amane, Ade Putra Ode S.Sos., M.Si.; Santosa, Sonny S.E., M.M., CHRP; Novianti, Rini S.E., M.Akt.; Liniarti, Sri S.E., M.Si.; Nasution, Rizky Surya Andhayani S.E., M.Si., Ak.; Kalsum, Eka Umi S.E., M.Si.; Mulyadi, S.E., M.M.; Dewi, Irra Chrisyanti; Amelia, Dona S.E., M.Si.; Tamam, Dr. Badrut M.Pd.I.; Yanti, Ni Nyoman Suli Asmara S.E., M.M.; Murti R., Arif BBA., M.Sc., Ph.D.; Ahdiyat, Madya S.E., M.M. (Penerbit Widina, 2023) -
Model-Model Pelatihan dan Pengembangan SDM (UC-KIR23020003)
Hatta, Herman; Umiyati, Hesti; Amane, Ade Putra Ode; Santosa, Sonny; Novianti, Rini; Liniarti, Sri; Nasution, Rizky Surya Andhayani; Kalsum, Eka Umi; Mulyadi; Ismaniar, Hetty; Dewi, Irra Chrisyanti; Amelia, Dona; Tamam, Badrut; Yanti, Ni Nyoman Suli Asmara; Rozamuri, Arif Murti; Ahdiyat, Madya (DJKI, 2023)

