PENINGKATAN PERCEIVED QUALITY DAN CONFORMANCE PADA KUALITAS PRODUK PONDOK DESSERT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dimensi kesesuaian, dan kesan kualitas dalam upaya meningkatkan kualitas produk Pondok Dessert. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Pondok Dessert. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan, perusahaan sejenis, ahli, dan pemilik. Menggunakan metode snowball sampling, tujuh orang narasumber dipilih oleh peneliti sebagai narasumber. Data primer yang diambil berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi kepada para narasumber. Data sekunder yang diambil adalah data perusahaan Pondok Dessert, referensi buku, dan jurnal, yang dapat mendukung penelitian ini.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Sumber yang digunakan adalah konsumen, perusahaan sejenis, ahli kue, dan pemilik Pondok Dessert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah cara meningkatkan kualitas produk Pondok Dessert. Peningkatan ini dilakukan pada dimensi conformance, dan Perceived Quality pada produk Pondok Dessert. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperoleh perijinan dari BPOM, mengganti peralatan yang lama dengan peralatan lebih khusus kue, mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada kemasan produk, menggunakan oven yang lebih berkualitas dari saran para ahli kue, perlu menggunakan bahan baku butter sehingga kue menjadi lembut.

