PENGARUH DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUXURIOSA INTERIOR
Abstract
Prospek yang cerah dalam industri furniture menyebabkan penulis tertarik untuk membuka usaha furniture dengan mendirikan usaha Luxuriosa Interior. Perusahaan selain melayani produk custom juga dapat menawarkan desain yang berasal dari ide-ide kreatif designer Luxuriosa Interior. Luxuriosa Interior juga menawarkan jasa konsultasi desainer perusahaan kepada konsumen agar produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan harapan konsumen. Seiring berjalannya waktu pemilik Luxuriosa Interior mulai menyadari bahwa usaha yang dijalankan tersebut memiliki tantangan-tantangan yang cukup berat, salah satu tantangan tersebut adalah keberadaan kompetitor. Keberadaan ini membuat Luxuriosa Interior tidak mampu memaksimalkan pendapatan atau bahkan laba karena persaingan harga yang ketat, sehingga menyebabkan penurunan penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial desain produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Luxuriosa Interior. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel penelitian adalah calon konsumen yang datang di Luxuriosa Interior dan melakukan pembelian furnitur. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh secara simultan desain produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Luxuriosa Interior. Hasil koefisien korelasi dan determinasi menunjukkan ada hubungan yang sangat kuat antara variabel bebas desain produk (X1) dan harga (X2) dengan keputusan pembelian (Y). Nilai koefisien determinasi yang didapatkan sebesar 0,208 yang berarti sebesar 0,208 atau 20,8% keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh desain produk dan harga, sementara sisanya 79,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Saran bagi perusahaan adalah dalam membuat desain produk hendaknya berdasarkan karakteristik konsumen

