FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE KERING SWAFT'S
Abstract
Makanan merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Swaft’s adalah perusahaan bergerak dibidang makanan yang menjual aneka makanan kue kering. Setiap bisnis baik jasa maupun produk pasti mempertimbangkan cara agar konsumen memutuskan membeli produk y ang dijual. Oleh karena itu Swaft’s berusaha agar menciptakan perasaan yang positif bagi pelanggan Swaft’s. Salah satu yang dilakukan oleh Swaft’s adalah terbuka untuk saran dan kritik dari konsumen Swaft’s untuk meningkatkan penjualan produk. Rumusan masa lah pada penelitian ini adalah : faktor - faktor apa saja yang menentukan keputusan pembelian kue kering? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang menentukan keputusan pembelian kue kering. Penelitian ini men ggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif sesuai dengan tujuan penelitian yang ditetapkan yaitu mengetahui faktor - faktor penentu keputusan pembelian kue kering Swaft’s. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Surabaya yang melakukan pembelian kue kering dan konsumen yang pernah mengkonsumsi kue kering Swaft’s. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis factor. Berdasarkan hasil analisis faktor diketahui bahwa Kualitas produk adalah faktor tertinggi dalam penelitian ini dalam membentuk keputusan pembelian di Kue kering sedangkan promosi adalah faktor terendah dalam membentuk keputusan pembelian di Kue ke ring. Promosi merupakan faktor yang terendah dalam membentuk keputusan pembelian dikarenakan indikator kue kering swaft’s yang diiklankan oleh media cetak yang paling dominan.
