Analisis Faktor - Faktor yang Membentuk Keputusan Pembelian pada Produk Iphone
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat konsumen melakukan pembelian pada produk IPhone, sehingga terjadi Keputusan Pembelian. Peneliti menggunakan 5 variabel yang diperkirakan merupakan faktor-faktor yang membentuk Keputusan Pembelian pada produk Iphone. Variabel-variabel tersebut adalah Luxury, Ekosistem, Fitur Produk, Keamanan, Kualitas Produk. Penelitian ini dilaksanakan secara kuantitatif yaitu dengan metode analisis faktor. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengambilan data yaitu dengan cara membagikan link g-form kepada 119 responden yang sesuai dengan kriteria yaitu pengguna IPhone seri 12-14 pro max, berusia 18-30 tahun, laki-laki dan perempuan. Hasil dari penelitian ini, dari kelima variabel yang digunakan, semua variabel merefleksikan keputusan pembelian pada produk IPhone yang dibuktikan dengan nilai faktor Luxury sebesar 0.935, faktor Ekosistem sebesar 0.958, faktor Fitur produk sebesar 0.986, faktor Keamanan sebesar 0.936, dan faktor Kualitas Produk sebesar 0.967.

