PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI DOUX CAR PERFUMERY
Abstract
Perkembangan jumlah kendaraan di Indonesia mengalami pertumbuhan setiap tahunnya, di mana mobil penumpang menempati posisi kedua setelah kendaraan motor (bps.go.id tahun 2017). Hal ini yang menjadikan peluang besar untuk berbagai sektor bisnis yang ada berkaitan dengan mobil penumpang, seperti sparepart, komponen body mobil, aksesoris dan lainnya. Perusahaan Karya Selaras Jaya Abadi berdiri tahun 2015 bergerak di Industri Dagang yang menjual parfum mobil Doux Car Perfumery ternyata tidak mendapatkan omset sebesar peluang yang ada dan tidak pernah mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya dan terbilang rendah. Sebuah penelitian menyatakan bahwa minat beli dipengaruhi oleh persepsi kualitas, maka dari itu peneliti melakukan pra-survei persepsi masyarakat terhadap produk Doux Car Perfumery dengan hasil yang menunjukkan 8 dari 10 mengatakan biasa dan jelek. Pra-survei dilakukan lagi lebih lanjut berdasarkan hasil sebelumnya, peneliti ingin mengetahui hal yang mendasari jawaban responden tersebut, dan temukan bahwa merek juga memiliki pengaruh. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap minat beli Doux Car Perfumery. Penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 70 responden pengguna mobil pribadi yang melakukan cuci mobil di tempat konsinyasi Doux Car Perfumery yang ada di Surabaya Barat. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan perceived quality berpengaruh signifikan terhadap minat beli.