| dc.contributor.author | Windasari, Kadek Ayu | |
| dc.date.accessioned | 2018-07-20T04:09:24Z | |
| dc.date.available | 2018-07-20T04:09:24Z | |
| dc.date.issued | 2017 | |
| dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1387 | |
| dc.description.abstract | Segmentasi pasar merupakan proses penyederhanaan dari kelompok
heterogen menjadi homogen. Penetapan segmen pasar yang tepat membantu
perusahaan untuk memahami kebutuhan konsumennya. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengklasifikasikan konsumen pada Cuci House Laundry di
Denpasar berdasarkan pendekatan demografis dan perilakunya. Ditengah
menjamurnya laundry di Bali, perusahaan perlu mengenal segmen pasarnya untuk
memosisikan produknya. Dengan segmentasi pasar, bisa menempatkan cabang
baru sesuai dengan kebutuhan konsumen di lokasi outlet dan juga memberikan
pelayanan sesuai dengan karateristik yang ada di lokasi outlet tersebut. Sampel
dari penelitian ini adalah pelanggan Cuci House Laundry domisili di Denpasar
Selatan dan Denpasar Timur yang berusia 16-49 tahun. Pengambilan sampel
dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden menggunakan
pendekatan Cluster Analysis menggunakan metode K-means.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada tiga klaster yang terbentuk.
Segmen 1 (Price Sensitivity Customer), Segmen 2 (Value Customer), dan Segmen
3 (Quality Customer) yang dimana ada perbedaan variabel manfaat dan sikap
pada masing masing cluster tersebut. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS MANAJEMEN DAN BISNIS UNIVERSITAS CIPUTRA | en_US |
| dc.subject | Segmentasi Pasar, Analisis Cluster, Laundry | en_US |
| dc.title | ANALISIS SEGMENTASI PASAR CUCI HOUSE LAUNDRY DENGAN PENDEKATAN CLUSTER ANALYSIS | en_US |
| dc.type | Book | en_US |