• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Pariwisata
    • Bisnis Hospitaliti
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Pariwisata
    • Bisnis Hospitaliti
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMANFAATAN PISANG ULI (MUSA PARADISIACA SAPIENTUM) DENGAN KULITNYA SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM PEMBUATAN COOKIES DITINJAU DARI NILAI GIZI DAN UJI ORGANOLEPTIK

    Thumbnail
    View/Open
    Cover (167.4Kb)
    Abstrak (332.2Kb)
    Kata Pengantar (290.7Kb)
    Daftar Isi (1.530Mb)
    Bab 1 (1.545Mb)
    Bab 2 (3.050Mb)
    Bab 3 (2.160Mb)
    Bab 4 (3.158Mb)
    Bab 5 (290.5Kb)
    Daftar Pustaka (654.8Kb)
    lampiran (4.524Mb)
    Lembar Penerimaan Fakultas (1.744Mb)
    Lembar Pernyataan Keaslian (617.8Kb)
    Lembar Persetujuan Dosen Pembimbing (549.5Kb)
    Lembar Persetujuan Dosen Penguji (561.6Kb)
    Date
    2018
    Author
    Setiawan, Priscilia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PEMANFAATAN PISANG ULI (MUSA PARADISIACA SAPIENTUM) DENGAN KULITNYA SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM PEMBUATAN COOKIES DITINJAU DARI NILAI GIZI DAN UJI ORGANOLEPTIK Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan pisang Uli dengan kulitnya sebagai bahan tambahan dalam pembuatan cookies, mengetahui kandungan serat kasar yang terdapat dalam cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya, mengetahui minat panelis terhadap hasil percobaan cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya, dan mengetahui minat beli panelis terhadap cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya. Penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian eksperimental. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji laboratorium, uji organoleptik, dan uji homogenitas. Peneliti membuat empat persentase (0%, 25%, 50%, dan 75%) dalam percobaan yang kemudian diuji kepada 30 panelis dengan pengulangan tiga kali. Hasil uji panelis tersebut akan dijadikan acuan dalam pembuatan cookies untuk uji laboratorium. Berdasarkan hasil uji laboratorium cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya mendapatkan hasil berikut, kandungan serat kasar 0,61%, sedangkan cookies dengan tepung terigu 0,77%. Analisis data pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif, metode kualitatif dimana peneliti menggunakan dalam acuan kuesioner. Metode kuantitatif dimana peneliti menggunakan uji homogenitas untuk mengetahui apabila data yang di peroleh dari uji organoleptik bersifat homogen atau tidak. Berdasarkan hasil uji organoleptik, panelis cukup suka terhadap warna, aroma, rasa, dan tekstur dari cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya. Sedangkan untuk minat beli dan penerimaan produk cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya sangat positif. Peneliti menggunakan nama brand Petite Cookies karena ukuran cookies yang kecil dan efisien untuk dibawa kemana-mana
     
    PEMANFAATAN PISANG ULI (MUSA PARADISIACA SAPIENTUM) DENGAN KULITNYA SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM PEMBUATAN COOKIES DITINJAU DARI NILAI GIZI DAN UJI ORGANOLEPTIK Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan pisang Uli dengan kulitnya sebagai bahan tambahan dalam pembuatan cookies, mengetahui kandungan serat kasar yang terdapat dalam cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya, mengetahui minat panelis terhadap hasil percobaan cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya, dan mengetahui minat beli panelis terhadap cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya. Penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian eksperimental. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji laboratorium, uji organoleptik, dan uji homogenitas. Peneliti membuat empat persentase (0%, 25%, 50%, dan 75%) dalam percobaan yang kemudian diuji kepada 30 panelis dengan pengulangan tiga kali. Hasil uji panelis tersebut akan dijadikan acuan dalam pembuatan cookies untuk uji laboratorium. Berdasarkan hasil uji laboratorium cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya mendapatkan hasil berikut, kandungan serat kasar 0,61%, sedangkan cookies dengan tepung terigu 0,77%. Analisis data pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif, metode kualitatif dimana peneliti menggunakan dalam acuan kuesioner. Metode kuantitatif dimana peneliti menggunakan uji homogenitas untuk mengetahui apabila data yang di peroleh dari uji organoleptik bersifat homogen atau tidak. Berdasarkan hasil uji organoleptik, panelis cukup suka terhadap warna, aroma, rasa, dan tekstur dari cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya. Sedangkan untuk minat beli dan penerimaan produk cookies berbahan dasar tepung pisang Uli dengan kulitnya sangat positif. Peneliti menggunakan nama brand Petite Cookies karena ukuran cookies yang kecil dan efisien untuk dibawa kemana-mana
     
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1519
    Collections
    • Bisnis Hospitaliti

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Kreasi Cake Pisang Ambon Masak, Pisang Ambon Kukus dan Pisang Ambon Panggang Ditinjau Dari Uji Organoleptik dan Kandungan Gizi 

      Dewi, Ardisa Faras (Universitas Ciputra Surabaya, 2020)
      Cake merupakan produk kue yang terbuat dari bahan utama yaitu tepung terigu, gula, telur, TBM, dan mentega. Cake pisang perpaduan cake dengan bahan dasar pisang ambon, yang mana mengandung betakaroten yang tinggi, ...
    • In Silico characterization of the structure of genes and proteins related to b-carotene degradation in Musa acuminata 'DHPahang' and Musa balbisiana 'Pisang Klutuk Wulung' 

      Dwivany, Fenny Martha; Brotosudarmo, Tatas Hardo Panintingjati; Sukriandi, Nisrina; Meitha, Karlia (Pertanika Journal of Tropical Agriculture Science, 2021)
      β-carotene is an important nutritional content in banana. However, its lifetime depends on the enzymes controlling its conversion into strigolactone. To understand the involved enzymes’ activity, which are β-carotene ...
    • PENGARUH STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RAJA PISANG KEJU ARJUNA PROBOLINGGO 

      Purnama Cahyadi, Rozalia (Universitas Ciputra Surabaya, 2018)
      PENGARUH STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RAJA PISANG KEJU ARJUNA PROBOLINGGO Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran ...

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire