PERANAN MENGELOLA KONFLIK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PERUSAHAAN KELUARGA (Studi Kasus Pembelian Lahan Perusahaan Keluarga PT X)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengelola konflik dalam
pengambilan keputusan pada perusahaan keluarga dalam studi kasus pembelian
lahan dalam perusahaan keluarga PT X. PT. X merupakan perusahaan keluarga
yang bergerak di bidang transportasi, export import dan logistik. Permasalahan
yang ada dalam perusahaan keluarga ini adalah dengan tanpa perencanaan
yang matang membuat adanya pengambilan keputusan yang mendadak dalam
pembelian lahan sebagai penunjang bisnis keluarga namun di dalam
pengambilan keputusan yang mendadak tersebut memengaruhi segala aspek di
dalam jalannya operasional perusahaan keluarga tersebut, sehingga perusahaan
mengalami kesusahan cash flow dan lagi hal ini menimbulkan konflik yang
berkepanjangan antara founder dengan penerus dari perusahaan keluarga PT. X
ini. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif
sehingga mendapatkan kesimpulan untuk bagaimana mengelola konflik yang ada
sehingga pengambilan keputusan yang diambil menjadi bermanfaat bagi
perusahaan keluarga PT X di kemudian hari. Penulis menggunakan metode
triangulasi sumber untuk menguji validitas dan reliabilitas dari hasli penelitian.
Wawancara semi terstruktur dan observasi menjadi alat pengumpulan data pada
penelitian ini. Data yang didapat direduksi dan dianalisis untuk digunakan dalam
mengelola konflik yang ada dan dalam pengambilan keputusan. Hasil penelitian
ini adalah berbagai cara atau metode mengelola konflik dalam perusahaan
keluarga dengan mempertimbangkan komunikasi yang terbuka antar anggota
keluarga mengenai rencana dan visi ke depan mengenai strategi bisnis yang
akan diambil dan adanya perencanaan anggaran perusahaan keluarga yang
terbuka dan terencana dalam pengembangan strategi perusahaan sehingga
pengambilan keputusan yang diambil berdasar kesepakatan dapat diterapkan
dalam perusahaan keluarga PT X dengan baik sehingga di kemudian hari tidak
ada konflik dalam keluarga dan perusahaan keluarga ini dapat terus berkembang
maju.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
- 
PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH REPUTASI PERUSAHAAN KELUARGA PADA PERUSAHAAN KELUARGA B2B DI FAMILY BUSINESS COMMUNITY UNIVERSITAS CIPUTRA 
Rarumangkay, Yoshua Heng (Universitas Ciputra Surabaya, 2021-05-31)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh reputasi perusahaan keluarga pada perusahaan keluarga B2B. Penelitian ini menggunakan pendekatan ... - 
PENGARUH PROFESIONALISASI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PERFORMA PERUSAHAAN KELUARGA DENGAN BIFURCATION BIAS SEBAGAI MODERATOR PADA PERUSAHAAN KELUARGA DI UNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYA 
Tanjung, Kurniawan (UNIVERSITAS CIPUTRA, 2021)Abstrak: Profesionalisasi dalam perusahaan keluarga adalah hal yang perlu diperhatikan ketikamemutuskan untuk terus bertumbuh karena kondisi perusahaan yang semakin kompleks, sehinggamembutuhkan sistem formal untuk menunjang ... - 
Analisis Pola Suksesi Bisnis Keluarga (Studi Pada Bisnis Keluarga Skala Menengah Di Jawa Timur) 
Utami, Christina Whidya; Bernardus, Denny; Shinta, Gek (Widya Mandala Catholic University, 2015-04-25)Bisnis keluarga adalah sebuah bisnis yang dikembangkan oleh anggota keluarga di mana kedua hal yakni kepemilikan dan pembuatan kebijakan di dominasi oleh anggota dari sebuah kelompok kekerabatan emosional. Terdapat perbedaan ... 
