PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT KUALITA MEDIA TAMA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
berpenagaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT Kualita Media Tama
Surabaya. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kualitas layanan (X1),
kualitas produk (X2), harga (X3) dan kepuasan pelanggan (Y). Indikator kualitas
layanan yang digunakan adalah reliability, responsiveness, dan assurance.
Kualitas produk mempunyai empat indikator yaitu sesuai dengan harapan
pelanggan, berfungsi dengan baik, tahan lama, dan free of defects. Harga juga
mempunyai tiga indikator yaitu, keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan
kualitas produk, kesesuaian harga dengan manfaat dan daya saing harga.
Sedangkan kepuasan pelanggan memiliki lima indikator yaitu loyal, puas,
membeli kembali, sedikit menyampaikan keluhan dan merekomendasikan produk
dan nama baik perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode
purposive sampling yakni sebanyak 52 responden yang merupakan pelanggan
PT KMT yang tersebar di seluruh Indonesia. Pengolahan data menggunkan
SPSS dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan adalah faktor kualitas layanan dan disusul faktor
harga. Sedangkan faktor kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Namun secara simultan ke tiga faktor tersebut
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Kualita Media
Tama.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Arang Tempurung Kelapa Pada Argo Raya
Christian, Sonata; Sutanto, Jonathan M. (Proceeding, Seminar Nasional & Call For Papers. Forum Manajemen Indonesia (FMI) ke -5. –Tgl 23-24 Oktober 2013 – ISSN: 2338-994X – Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, 2013-10-24)Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengetahui ada tidaknya pengaruh harga. kualitas produk dan kualitas layanan yang signifikan terhadap keputusan pembelian arang tempurung kelapa diperusahaan Agro Raya. Penelitian ... -
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN WEVEN CARBONETIC
Setiono, Steven (Universitas Ciputra Surabaya, 2015)Weven Carbonetic perlu meninjau hal-hal yang dapat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas layanan dan kualitas produk perlu ditinjau terkait pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen.Tujuan penelitian ini adalah ... -
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CITRA SUKSES MAKMUR
Susilo, Oliver (Universitas Ciputra Surabaya, 2015)Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Dalam Keputusan Pembelian Pada Citra Sukses Makmur Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas layanan dan kualita s produk dalam keputusan pembelian pada ...
