| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
berpenagaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT Kualita Media Tama
Surabaya. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kualitas layanan (X1),
kualitas produk (X2), harga (X3) dan kepuasan pelanggan (Y). Indikator kualitas
layanan yang digunakan adalah reliability, responsiveness, dan assurance.
Kualitas produk mempunyai empat indikator yaitu sesuai dengan harapan
pelanggan, berfungsi dengan baik, tahan lama, dan free of defects. Harga juga
mempunyai tiga indikator yaitu, keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan
kualitas produk, kesesuaian harga dengan manfaat dan daya saing harga.
Sedangkan kepuasan pelanggan memiliki lima indikator yaitu loyal, puas,
membeli kembali, sedikit menyampaikan keluhan dan merekomendasikan produk
dan nama baik perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode
purposive sampling yakni sebanyak 52 responden yang merupakan pelanggan
PT KMT yang tersebar di seluruh Indonesia. Pengolahan data menggunkan
SPSS dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan adalah faktor kualitas layanan dan disusul faktor
harga. Sedangkan faktor kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Namun secara simultan ke tiga faktor tersebut
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Kualita Media
Tama. | en_US |