PENGARUH GREEN MARKETING MELALUI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN NOIR FLORIST
Abstract
Maraknya isu lingkungan menuntut unit-unit usaha mengedepankan keberlanjutan (sustainability) dalam sistem maupun produk mereka. Masyarakat lambat laun semakin sadar akan kerusakan lingkungan hidup dan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan. Dalam kondisi seperti ini, produk ramah lingkungan dimunculkan oleh beberapa industri produk dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah green product dan green promotion memiliki dampak positif terhadap minat beli produk Eco bouquet Noir Florist. Variabel yang digunakan yaitu Green Product (X1), Green Promotion (X2) dan Minat Beli (Y). Obyek penelitian ini adalah Noir Florist, yaitu florist yang menyediakan bouquet bunga dan souvenir untuk momen wisuda dan hari spesial lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah potential buyer Noir Florist, yaitu seluruh konsumen yang tahu tentang Noir Florist secara umum, konsumen yang pernah melakukan pembelian di Noir Florist, dan seluruh pengikut media promosi Noir Florist yang berjumlah 150 orang. Pengambilan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling pada potential buyer Noir Florist, yaitu teknik yang dilakukan secara kebetulan dimana siapa saja yang dianggap cocok menjadi sumber data yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green product mempunya nilai sig. 0,000 dan green promotion mempunyai nilai sig 0,000. Hasil analisis regresi menyatakan bahwa green product dan green promotion memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli produk Eco bouquet Noir Florist.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analysis The Effect of Green Computing on Green Satisfaction, Green Perceived Quality, and Green Trust on The Apple Consumer using SEM-PLS in Surabaya
Cecillia, Fania; Tanamal, Rinabi (Soegijapranata Catholic University, 2020-05-01)The use of electronic devices such as smartphones has become a part of daily activities, it also led to the growing number of smartphones users as well as brands emerged. Smartphones can help humans, but it also can endanger ... -
PENGARUH GREEN BRAND POSITIONING DAN GREEN BRAND KNOWLEDGE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PADA PRODUK GEOMETRIC CREATION
Rwanda, Nila Angelia Putri (Universitas Ciputra Surabaya, 2019-12-20)Geometric Creation adalah salah satu perusahaan start-up dalam industri manufaktur furnitur customize yang saat ini dikelola oleh tiga orang mahasiswa Universitas Ciputra sebagai projek bisnis entrepreneurship. Produk yang ... -
An Investigation of Green Product Innovation on Consumer Repurchase Intention: The Mediating Role of Green Customer Value
Saputra, Murry Harmawan; Kristyassari, Bening; Farida, Naili; Ardyan, Elia; Saputra, Murry Harmawan (ASERS Publishing System, 2020)This study examines the critical role of green customer value in order to increase purchase intention based on green products. Data analysis techniques were carried out using Structural Equation Modeling with Partial Least ...
