ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN
Abstract
Kemajuan dibidang perekonomian selama ini telah banyak membawa perkembangan yang pesat dalam bidang usaha. Dengan makin majunya perkembangan jaman, maka selera konsumen makin cepat berubah dan konsumen makin selektif dalam memilih produk yang dibeli. Berkembangnya jaman juga menyebabkan makin sengitnya persaingan dibidang industri garmen. Variabel independen dari penelitian ini adalah product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4)) yang diadopsi dari teori marketing mix, sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah Minat Beli (Y1). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap minat beli lexid . Obyek penelitian ini adalah vendor garmen Lexid. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang berjumlah 127 orang. Responden penelitian ini berasal dari sampel yang telah ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini didapat dari kuesioner yang dibagikan secara online, untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model persamaan regresi sebagai berikut Y = 5,207 + 0,359 X1 + 0,186 X2 + (-0,036) X3 + 0,138 X4 + e, setelah dilakukan pengujian seluruh indikator pada penelitian ini valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi telah terdistribusi normal, tidak multikolinieritas, tidak heteroskedastisitas, tidak terjadi autokorelasi, dan bersifat linier. Variabel product menjadi variabel yang paling berpengaruh dengan koefisien regresi sebesar 0,359, selanjutnya variabel price dengan koefisien regresi sebesar 0,186, variabel promotion dengan koefisien regresi sebesar 0,138, sedangkan variable place tidak berpengaruh signifikan. Vendor garmen Lexid diharapkan untuk meningkat kualitas produk, harga dan promosi untuk dapat meningkatkan meningkatkan minat beli konsumen.