PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN DAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KONSUMEN BISNIS HEPI CIRCLE
Abstract
“PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN DAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KONSUMEN BISNIS HEPI CIRCLE”
Maraknya isu limbah plastik di masyarakat memicu terbentuknya bisnis-bisnis yang menawarkan solusi alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satunya bisnis yang bergerak di bidang lingkungan ini adalah Hepi Circle. Hepi Circle sendiri merupakan sebuah platform e-commerce yang menawarkan sistem belanja produk sehari-hari dengan solusi penggunaan kemasan pakai ulang. Sebagai brand yang baru berkembang serta dipicu oleh kurangnya edukasi dan komunikasi brand kepada calon konsumen akan brand, produk, dan nilai brand, maka brand awareness Hepi Circle memiliki perkembangan yang sangat lambat. Oleh karena itu perancangan brand campaign dan media promosi yang tepat ini dilakukan untuk mengkomunikasi brand serta sebagai sarana edukasi brand terhadap calon konsumen guna meningkatkan brand awareness bisnis Hepi Circle. Perancangan yang dibuat meliputi serangkaian desain media promosi dan strategi kampanye baik melalui media sosial maupun interaksi langsung dengan calon konsumen. Adapun brand campaign yang diangkat adalah #AwalKebiasaanBaik yang bertujuan untuk mengajak dan mengedukasi konsumen mengenai aksi serta kebiasaan yang dapat mereka kembangkan untuk menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Perancangan brand campaign ini mengangkat konsep komunikasi sederhana serta berisi pesan ringan yang kiranya memiliki relasi dengan kehidupan sehari-hari konsumen. Dengan konsep sederhana ini maka perancangan desain untuk kampanye ini dirancang dengan menggunakan gaya desain new simplicity yang secara esensi desain dan layout menunjukan kesan minimalis didalamnya. Strategi komunikasi secara perlahan ini diharapkan dapat dengan tepat mengkomunikasikan pesan dan nilai brand kepada masyarakat. Pengujian desain dan strategi kampanye akan dilakukan dengan metode pengumpulan data kuantitatif yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 119 calon konsumen untuk memvalidasi pemilihan media promosi yang digunakan dalam perancangan ini. Metode pengumpulan data kualtatif dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap expert dan extreme users serta studi penelitian terdahulu untuk menentukan dan mengembangkan pemilihan media serta desain yang paling tepat dalam perancangan ini. Media yang digunakan dalam perancangan ini difokuskan dalam komunikasi melalui media sosial dan pelaksanaan aktivitas pameran. Perancangan brand campaing dan media promosi #AwalKebiasaanBaik ini didapati efektif untuk meningkatkan brand awareness dari Hepi Circle.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction dan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening pada produk Walrus di PT. Jaya Garment Sukses Makmur Surabaya
Kurniawan, Timothy (Universitas Ciputra Surabaya, 2018)Persaingan dalam dunia bisnis garment yang semakin sengit akhir-akhir ini membuat pengusaha semakin harus memutar otak dalam kegiatan menjual barangnya sehingga dapat menjadi pilihan konsumen. Persaingan dalam ... -
PENGARUH BRAND EXPERIENCES TERHADAP BRAND KNOWLEDGE, BRAND TRUST DAN BRAND COMMITMENT PADA KONSUMEN KEDAI KOPI KENANGAN SURABAYA
Sutikno, Areta Moria (Universitas Ciputra Surabaya, 2021)Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh brand experiences terhadap brand knowledge, brand trust dan brand commitment pada konsumen Kopi Kenangan Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ... -
The Effects of Brands Community and Brand Trust on Brand Loyalty
Kristanto, Michael; Melinda, Tina (The 3rd ICOEN 2016 - Book 4 - Universitas Ciputra, 2016-08-22)Indonesia is a potential market for two wheel motorcycle riders especially Harley Davidson. Harley Davidson brand has gained the trust of consumers in Indonesia because there is a pride to drive the motor. HD brand trust ...