PENGARUH HARGA, GAYA HIDUP, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MOTATO
Abstract
Penelitian yang berjudul “pengaruh harga, gaya hidup, dan media sosial terhadap keputusan
pembelian produk Motato” ini memiliki tiga tujuan, yaitu: (1) Mengetahui pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian konsumen Motato, (2) Mengetahui pengaruh gaya hidup
terhadap keputusan pembelian produk Motato, (3) Mengetahui pengaruh media sosial terhadap
keputusan pembelian Motato. Motato adalah usaha yang bergerak dalam bidang makanan yang
berbahan dasar kentang yang dihaluskan. Penjualan yang dilakukan oleh Motato yaitu dengan
cara online dan berjualan pada bazaar yang ada. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh konsumen yang pernah membeli
produk Motato dan yang merupakan pengikut pada akun media sosial Motato. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 140 responden. Pengumpulan data untuk penelitian ini disebarkan
secara online. Dalam penelitian ini data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis
regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS sebagai alat bantu. Hasil dari
penelitian ini adalah: (1) Harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen Motato. (2) Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
produk Motato. (3) Media sosial berpengaruh signifika terhadap keputusan pembelian produk
Motato.