PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN HONEY DIP SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Honey Dip Surabaya. Penting bagi pemasar untuk meneliti kepuasan pelanggan karena konsumen yang puas biasanya akan setia pada waktu yang lama, dan hal ini menguntungkan bagi pihak perusahaan.
Variabel dalam penelitian ini adalah pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan pelanggan Honey Dip. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Honey Dip. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, semua subjek yang termasuk dalam populasi memiliki hak sebagai anggota sampel. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Analisis Linier Berganda dengan menggunakan data kuesioner yang disebarkan kepada 64 pelanggan Honey Dip.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan mempunyai pengaruh paling besar dan positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t 4,412 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kualitas layanan yang paling signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan, diikuti dengan kualitas produk dan harga.