METODE PENETAPAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN BATOC CRAFT
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui metode penetapan harga yang tepat pada perusahaan Batoc Craft. Selama ini Batoc Craft masih belum memiliki metode penetapan harga yang sistematis, penetapan harga jual dilakukan degan menggunakan metode X, yaitu penetapan harga jual yang ditentukan hanya berdasarkan persepsi perusahaan tanpa ada perhitungan secara teori. Adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan dengan Batoc Craft dengan acuan teori yang ada.
Penelitian ini membandingkan tiga metode penetapan harga yaitu metode penetapan harga cost based pricing, value based pricing, dan competitive based pricing. Data dikumpulkan melalui data internal perusahaan, melakukan observasi harga jual pesaing, dan wawancara dengan konsumen dan pengusaha sejenis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penetapan yang paling tepat untuk diterapkan oleh perusahaan Batoc Craft adalah metode Competitive based pricing. Harga yang dihasilkan pada metode Competitive based pricing merupakan harga yang pantas untuk diterapkan setelah mempertimbangkan biaya-biaya yang dikeluarkan, karena dengan menggunakan metode tersebut perusahaan mendapatkan margin keuntungan yang cukup besar. Selain itu metode competitive based pricing mampu memberikan laba yang lebih tinggi daripada laba perusahaan sebelumnya dan tetap mempertahankan harga jual yang kompetitif di pasar. Harga jual akhir yang diperoleh sebagai hasil penelitian ini adalah lampu meja Rp 100.000, kotak tissue Rp 75.000 dan nampan set Rp 110.000.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
METODE PENETAPAN HARGA JUAL PADA PRODUK RASARASA
Kani, Azirah (Universitas Ciputra, 2014)Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui metode penetapan harga jual yang tepat pada Rasarasa. Selama ini Rasarasa menghitung harga jual dengan cara menghitung seluruh biaya bahan baku yang digunakan ... -
Price Disparity of Country Asset Pricing Model
Hermeindito, Hermeindito (University of Lodz, 2015-12-18)he aim of this study is to develop measurement model of price disparity in capital asset pricing and then examines the effect of price disparity and volatilities on country asset pricing. This study proposes hypothesis ... -
STRATEGI PENETAPAN HARGA PADA SALURAN DISTRIBUSI UNTUK USAHA LATTE COMPANY
TJANDRA, SYLVIA TIFFANY (2014)Penelitian yang berjudul “Strategi Penetapan Harga pada Saluran Distribusi untuk Usaha Latte Company” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penetapan harga pada saluran distribusi usaha Latte Company. Metode ...
