ATRIBUT YANG MENJADI PERTIMBANGAN KONSUMEN LADY REPTILE DALAM MEMBELI LEOPARD GECKO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi konsumen Lady Reptile terhadap kombinasi atribut leopard gecko yang meliputi motif, jenis kelamin, dan umur leopard gecko serta untuk mengetahui atribut yang paling penting bagi konsumen Lady Reptile dalam proses pengambilan keputusan pembelian leopard gecko . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Lady Reptile yang pernah melakukan transaksi pembelian selama periode 2010 – 2012. Berdasarkan rumus Slovin dan teknik purposive sampling , jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 68 orang responden dengan kriteria responden pernah melakukan transaksi pembelian leopard gecko di perusahaan Lady Reptile selama periode 2010 – 2012 dan berada di wilayah Surabaya. Penelitian ini menggunakan analisis conjoint dengan tiga atribut dari leopard gecko yang menjadi variabel penelitian. Ketiga atribut tersebut adalah motif, jenis kelamin, dan umur leopard gecko . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut yang menjadi preferensi konsumen Lady Reptile dalam proses pengambilan keputusan pembelian leopard gecko seca ra berurutan adalah umur leopard gecko dengan level baby , motif leopard gecko dengan level pattern , dan jenis kelamin leopard gecko dengan level betina