ANALISIS MARKET SUCCESS UNTUK PRODUK “SMART WIPES” PADA INDUSTRI OTOMOTIF DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi keberhasilan penetrasi pasar produk Smart Wipes pada industri
otomotif di Indonesia. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
variabel bebas firm level (X1), regional level (X2) , cultural distance (X3) serta
variabel terikat market success (Y). Variable firm level memiliki 4 indikator yaitu f
entry mode, usia perusahaan, jumlah karyawan serta jumlah asset tak bergerak
perusahaan. Variabel regional level juga memiliki 4 indikator yaitu potensi pasar,
agresifitas perusahaan dalam memasuk pasar yang baru, dukungan keamanan
dan politik serta dukungan kebijakan pajak bagi investor. Variabel cultural
distance menggunakan indikator akses karyawan dalam mengungkapkan
pendapat, cara kerja karyawan, cara pengambilan keputusan, posisi karyawan
pria dibandingkan wanita, serta respon ekspatriat terhadap kebudayaan lokal
dan sebaliknya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara,
observasi, dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan adalah analisis
kuantitatif dengan eksplanasi dan analisis manajemen. Analisis kuantitatif
menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian adalah
industri otomotif jenis manufaktur di wilayah Jabodetabek dan Surabaya sesuai
data dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) yang
berjumlah 20 perusahaan. Sedangkan sampel diambil dari keseluruhan populasi
yang disebut total sampling dengan menggunakan teknik purposive random
sampling yang menggunakan pertimbangan tertentu.
 Berdasarkan hasil analisis manajemen diketahui market potential, market
growth, dan market share untuk industri otomotif Indonesia pada tahun 2016
yang dapat merefleksikan potensi pasar dari produk Smart Wipes yang banyak
digunakan untuk industri tersebut. Dari hasil analisis kuantitatif diketahui bahwa
variabel regional level merupakan faktor yang berpengaruh paling signifikan
terhadap market success, sedangkan variabel firm level dan cultural distance
tidak secara signifikan mempengaruhi market success
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
- 
EVALUASI PENERAPAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA PRODUK CLASSY&CO FOR MEN 
Mutia, Reiza Cita Aprila (Universitas Ciputra Surabaya, 2017)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Penerapan Integrated Marketing Communication pada produk Classy&Co khusus pria. Cara berkomunikasi akan berkembang terus seiring dengan perubahan yang terjadi ... - 
Opportunity dan Growth Orientation sebagai Variabel Dominan Perilaku Entrepreneurial Marketing (Sebuah Tinjauan dari Skala Perusahaan) 
Utami, Christina Whidya; Susanto, Hendro (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, 2019-10)This study aims to bridge the gap in the literature by examining the dimensions of growth orientation, opportunity orientation, total customer focus dimensions, value creation networking, informal market analysis, closeness ... - 
Pemberdayaan Marketing Communication Pada Perusahaan Gemilang Lima Jaya 
Dewi, Liliana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, 2019-01)Gemilang Lima Jaya (GLJ) telah melakukan promosi seperti word of mouth, personal selling, sales promotion, dan advertising. Namun faktanya, GLJ menghasilkan penjualan yang rendah karena kurangnya brand awareness pada sandal ... 
