ANALISA STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BANG – BANG DI SURABAYA
Abstract
Bang-Bang merupakan bisnis di bidang makanan ringan, yang
memproduksi kacang mete. Cara penjualan Bang-Bang lebih banyak dari word of
mouth, meskipun sekarang sudah dilakukan secara online. Kondisi bisnis BangBang mengalami penurunan pada 10 tahun terakhir, disebabkan karena
kurangnya pengembangan produk dan semakin banyaknya kompetitor.
Sedangkan dijaman modern ini, konsumen suka untuk mencoba hal baru yang
unik. Hal itulah yang menjadi kendala bagi Bang-Bang. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisa strategi pengembangan usaha Bang-Bang dalam
meningkatkan omset penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif dengan teknik pengambilan data yang dilakukan secara wawancara semi
terstruktur terhadap tiga informan terpilih dengan kriteria yang telah ditentukan.
Sumber data yang digunakan pada penelitian ini terdapat dua jenis: sumber data
primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan: wawancara,
observasi dan dokumentasi. Penelitian tersebut didukung dengan menggunakan
analisa Business Model Canvas dan Blue Ocean Strategy. Hasil dari penelitian ini
merupakan analisa strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan pada
bisnis Bang-Bang