AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DI MALL CIPUTRA WORLD SURABAYA
Abstract
Peningkatan industri pusat perbelanjaan menjadi salah satu sektor penopang pertumbuhan
perekonomian Indonesia. Dalam era modern ini perkembangan pusat perbelanjaan terus berevolusi
menjadi pusat perbelanjaan/mall yang menyediakan fasilitas serta fungsi yang luas. Maraknya
pembangunan industri mall menjadikan ruang lingkup mall menjadi luas dan memberikan
kesempatan luas untuk para pebisnis yang ingin mengembangkan brandnya. Dari keterangan yang
ada menunjukkan investor tertarik untuk berinvestasi pada industri pusat perbelanjaan dikarenakan
jumlah penduduk yang semakin tinggi sekitar 2.765.487 jiwa, makin banyak pengunjung makin
banyak pula pusat perbelanjaan yang dibangun. Perkembangan pusat perbelanjaan di Indonesia
menarik banyak masyarakat di berbagai kota khususnya di kota surabaya. Kini kota Surabaya
menjadi kota yang memiliki mall terbanyak kedua setelah Jakarta. Salah satu pusat perbelanjaan
berstandar high mall class adalah Ciputra World. Kini Ciputra World ingin mengembangkan
mallnya kembali dengan mengandalkan Public Relations Departement yang menjadi salah satu
kunci proses kesuksesan perusahaan. Salah satu aktivitas public relations yaitu dengan membuat
strategi dan program atau aktivitas public relations agar eksistensi dari mall Ciputra World sendiri
dapat terus bertahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas public relations
untuk mengembangkan perusahaan. Penelitian ini hanya mengkaji aktivitas public relations mall
Ciputra World Surabaya dengan teori public relations serta program atau aktivitas public relations.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara wawancara dengan pihak Ciputra World serta publik yang terkait. Validitas
data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
aktivitas public relations yang dilakukan oleh mall Ciputra World Surabaya yakni mengacu pada
aspek corporate public relations, stakeholders relations dan marketing public relations.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
- 
Strategic Cyber Public Relations: A Case Study of PT PLN Nusantara Power’s Engagement on Instagram 
Teguh, Monika; Dafa, Muhammad; Aji, Imanuel Deny Krisna; Sistiawan, Ivana Clairine (UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN, 2023)In the wake of the COVID-19 pandemic, digital communication channels, mainly social media platforms, have become pivotal for organizations worldwide. This study analyzes PT PLN Nusantara Power’s (PT PLN NP) strategic ... - 
Aktivitas Public Relations Di Mall Ciputra World Surabaya 
Teguh, Monika; Priska, Anandari; Burhan, Bungin (2020-07-12)Peningkatan industri pusat perbelanjaan atau mall menjadi salah satu sektor penopang pertumbuhan perekonomian Indonesia. Maraknya mall memberikan kesempatan untuk para pelaku bisnis memasarkan produknya dan para konsumen ... - 
Digital Public Relation: Pemanfaatan Big Data, SEO, CSR, dan Komunikasi Krisis Dalam Kegiatan Public Relation di Era Digital 
Haryono, Cosmas Gatot (Prenada Media group, 2023) 
