PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA PRODUK DAN KEMASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada kegagalan bisnis peneliti yaitu Carico, Carico adalah
perusahaan yang bergerak dibidang industri Food and Baverage, Carico adalah salah satu
brand lokal asli Indonesia, yang menjual jus buah Carica asli, buah Carica ini hanya dapat
tumbuh di 2 tempat di dunia. Jus buah Carica dengan rasa yang manis dan segar memiliki
banyak manfaat bagi kesehatan, seperti melancarkan pencernaan. Namun, seiring berjalannya
proses penjualan Carico mengalami fluktuatif, sehingga peneliti ingin melakukan
benchmarking dengan kompetitor yang sejenis. Peneliti menggunakan Jus Depot Salmon
sebagai benchmarking dalam penelitian ini dikarenakan bisnis Jus Depot Salmon jauh lebih
bagus secara profit. Jus Depot Salmon berdiri mulai tahun 2016 di universitas Ciputra
Surabaya. Harga yang ditawarkan oleh jus Depot Salmon berkisar dari Rp 10.000 – Rp 20.000.
Jus Depot Salmon menggunakan satu karyawan dan menjual berbagai macam varian jus.
Dalam satu hari, bisa menjual 100 hingga 150 cup dengan omset Rp 1.000.000 hingga Rp
2.000.000. Konsumen yang membeli adalah mahasiswa Universitas Ciputra. Rumusan masalah
pada penelitian ini adalah apakah kualitas, harga, dan kemasan produk berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk jus buah depot salmon di Surabaya. Yang diharapkan dapat
menjadi masukan bagi peneliti dalam melakukan perbaikan dan menambah wawasan tentang
keputusan pembelian, kualitas produk, harga produk dan kemasan produk dalam menjalankan
bisnis industri makanan dan minuman. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan
populasi konsumen yang membeli produk jus Depot Salmon di Surabaya dengan jumlah tak
terhingga, dengan menggunakan 385 orang yang diambil dari rumus menurut
(Sugiyono,2018;142). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner offline dengan
menggunakan skala likert dan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari
penelitian ini adalah kualitas, harga dan juga kemasan produk berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PRICE CONSCIOUSNESS, STATUS CONSUMPTION, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK T’NUNERS
BUDIONO, KEVN IVANDER (Universitas Ciputra Surabaya, 2021)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, price consciousness, status consumption, dan inovasi produk terhadap minat beli produk T’Nuners. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ... -
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PRICE CONSCIOUSNESS , STATUS CONSUMPTION , DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK T’NUNERS
Budiono, Kevin Ivander (UNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYA, 2021)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk,priceconsciousness,status consumption,daninovasi produkterhadap minat beli produkT’Nuners.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalahfollowersInstagram ... -
PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK “De Bali”
Kurnia, Amelia (Universitas Ciputra, 2014)THE INFLUENCE OF LOCATION AND PRODUCT QUALITY TO THE CONSUMER’S BUYING DECISION FOR “De Bali” PRODUCT This research was aiming at finding out the influence of location (X1) and product quality (X2) to the consumer’s ...