ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN DE’SUSHI CABANG MANYAR DAN CABANG PATTIMURA DALAM HAL KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi konsumen DE’Sushi Manyar dan DE’Sushi Pattimura dalam hal kualitas produk dan promosi. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan konsumen DE’Sushi Manyar dan Pattimura. Sampel yang digunakan sejumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel convinience sampling. Penelitian ini didahului dengan uji validitas dan reliabilitas dilanjutkan dengan analisis MANOVA yang diawali dengan uji asumsi yang terdiri dari uji korelasi, uji outlier, uji normalitas, dan uji varians-kovarians.
Ditemukan bahwa sebuah item pertanyaan variabel kualitas produk dan lima item pertanyaan variabel promosi dihilangkan karena tidak reliabel. Melalui uji asumsi ditemukan bahwa antar variabel tidak terdapat korelasi, tidak ada data outlier, data berdistribusi normal, dan mariks varians-kovarians sama pada DE’Sushi Manyar dan Pattimura. Melalui uji Multivariate ditemukan bahwa DE’Sushi Manyar dan Pattimura berbeda secara simultan dalam hal kualitas produk (Y1) dan promosi (Y2). Sedangkan, melalui uji Univariate, secara parsial DE’Sushi Manyar dan Pattimura tidak berbeda dalam hal kualitas produk (Y1) dan ditemukan perbedaan secara parsial antara DE’Sushi Manyar dan Pattimura dalam hal promosi (Y2). Persamaan pada kualitas produk pada penelitian ini merupakan hal yang baik karena antar cabang DE’Sushi meskipun memiliki variasi menu yang berbeda memiliki kualitas produk yang sama. Sedangkan perbedaan dalam hal promosi disebabkan oleh adanya media, frekuensi dan skala acara yang diikuti berbeda pada DE’Sushi Manyar dan Pattimura.