STUDI KELAYAKAN UNTUK PENGEMBANGAN USAHA PENERBIT IDE KREATIF
Abstract
Dalam mendukung usaha pemerintah untuk membudayakan membaca, maka Ide Kreatif ingin mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan usaha penerbit Ide Kreatif ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran, aspek hukum, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan aspek keuangan. Dari kelima aspek tersebut masing-masing akan diukur dengan beberapa indikator yang ditentukan. Populasi penelitian ini adalah Ide Kreatif dan perusahaan penerbitan di Surabaya. Kemudian sampel yang digunakan sebagai pembanding antara lain: Ide Kreatif, CV. Karya Utama, Victory Publishing, dan UD. Galaxy. Data diambil dengan melakukan wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha penerbit Ide Kreatif dikatakan layak, sehingga dapat dilanjutkan. Dari aspek pasar dan pemasaran, analisis SWOT menghasilkan strategi agresif, STP (Segmenting, Targetting, Positioning) dan marketing mix telah ditetapkan dan dinyatakan layak. Dari aspek manajemen, jumlah tenaga kerja telah mampu memenuhi beban tanggung jawab pekerjaan yang ada, kualifikasi tenaga kerja telah disesuaikan dengan keahlian dan latar belakang, serta gaji yang diberikan sesuai UMK (Upah Minimum Kota) Surabaya. Sementara dari aspek teknis dan teknologi, lokasi bisnis dinyatakan strategis, peralatan dikatakan cukup, dan layout perusahaan layak. Kemudian dari aspek hukum, badan usaha yang akan dimiliki, syarat penerbit, dan pendaftaran ISBN di perpusatakaan nasional dapat dicapai. Terakhir dari aspek keuangan, nilai payback period kurang dari 3 tahun, nilai NPV (Net Present Value) positif, nilai IRR (Internal Rate of Return) lebih besar dari 10,60%, dan nilai PI (Profitability Index) lebih besar dari 1. Dengan demikian, pengemnbangan usaha penerbit Ide Kreatif dinyatakan layak.
Dalam mendukung usaha pemerintah untuk membudayakan membaca, maka Ide Kreatif ingin mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan usaha penerbit Ide Kreatif ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran, aspek hukum, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan aspek keuangan. Dari kelima aspek tersebut masing-masing akan diukur dengan beberapa indikator yang ditentukan. Populasi penelitian ini adalah Ide Kreatif dan perusahaan penerbitan di Surabaya. Kemudian sampel yang digunakan sebagai pembanding antara lain: Ide Kreatif, CV. Karya Utama, Victory Publishing, dan UD. Galaxy. Data diambil dengan melakukan wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha penerbit Ide Kreatif dikatakan layak, sehingga dapat dilanjutkan. Dari aspek pasar dan pemasaran, analisis SWOT menghasilkan strategi agresif, STP (Segmenting, Targetting, Positioning) dan marketing mix telah ditetapkan dan dinyatakan layak. Dari aspek manajemen, jumlah tenaga kerja telah mampu memenuhi beban tanggung jawab pekerjaan yang ada, kualifikasi tenaga kerja telah disesuaikan dengan keahlian dan latar belakang, serta gaji yang diberikan sesuai UMK (Upah Minimum Kota) Surabaya. Sementara dari aspek teknis dan teknologi, lokasi bisnis dinyatakan strategis, peralatan dikatakan cukup, dan layout perusahaan layak. Kemudian dari aspek hukum, badan usaha yang akan dimiliki, syarat penerbit, dan pendaftaran ISBN di perpusatakaan nasional dapat dicapai. Terakhir dari aspek keuangan, nilai payback period kurang dari 3 tahun, nilai NPV (Net Present Value) positif, nilai IRR (Internal Rate of Return) lebih besar dari 10,60%, dan nilai PI (Profitability Index) lebih besar dari 1. Dengan demikian, pengemnbangan usaha penerbit Ide Kreatif dinyatakan layak.