Show simple item record

dc.contributor.authorFebriyantoro, Mohamad Trio
dc.date.accessioned2022-02-07T04:37:08Z
dc.date.available2022-02-07T04:37:08Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4505
dc.descriptionIn support of the government’s efforts to promote reading, Ide Kreatif has the idea to develop its business. The purpose of this study is to analyze the feasibility of developing Ide Kreatif in terms of market and marketing aspects, legal aspects, technical and technological aspects, management aspects and financial aspects. Each aspect is measured by specified indicators. The population is Ide Kreatif and publishing companies in Surabaya. Then sample using for compare include: Ide Kreatif, CV. Karya Utama, Victory Publishing, and UD. Galaxy. Data retrieved by conducting interviews and observations. Results show that the development of Ide Kreatif publishing is feasible. According to the market and marketing aspects, SWOT analysis produces an aggressive strategy, STP (Segmenting, Targeting, Positioning) and marketing mix are defined and declared as eligible. Management aspects suggest that the workforce is able to meet the burden of existing job responsibilities, labors’ qualifications are adjusted to their expertise and background, and salary is given according to the minimum wage requirement or UMK (Upah Minimum Kota) in Surabaya. Mean while, the technical and technological aspects help determine strategic business location, equipment availability, and layout viability. From legal aspect, the type of enterprise owned, the establishment criteria, and the ISBN registration in the national library are achievable. Financial aspects show that the payback period is less than 3 years, the NPV (Net Present Value) is positive, the IRR (Internal Rate of Return) is greater than 10,60%, and the value of PI (Profitability Index) is greater than 1. Thus, this business development plan for Ide Kreatif publishing is declared as feasibleen_US
dc.description.abstractDalam mendukung usaha pemerintah untuk membudayakan membaca, maka Ide Kreatif ingin mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan usaha penerbit Ide Kreatif ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran, aspek hukum, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan aspek keuangan. Dari kelima aspek tersebut masing-masing akan diukur dengan beberapa indikator yang ditentukan. Populasi penelitian ini adalah Ide Kreatif dan perusahaan penerbitan di Surabaya. Kemudian sampel yang digunakan sebagai pembanding antara lain: Ide Kreatif, CV. Karya Utama, Victory Publishing, dan UD. Galaxy. Data diambil dengan melakukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha penerbit Ide Kreatif dikatakan layak, sehingga dapat dilanjutkan. Dari aspek pasar dan pemasaran, analisis SWOT menghasilkan strategi agresif, STP (Segmenting, Targetting, Positioning) dan marketing mix telah ditetapkan dan dinyatakan layak. Dari aspek manajemen, jumlah tenaga kerja telah mampu memenuhi beban tanggung jawab pekerjaan yang ada, kualifikasi tenaga kerja telah disesuaikan dengan keahlian dan latar belakang, serta gaji yang diberikan sesuai UMK (Upah Minimum Kota) Surabaya. Sementara dari aspek teknis dan teknologi, lokasi bisnis dinyatakan strategis, peralatan dikatakan cukup, dan layout perusahaan layak. Kemudian dari aspek hukum, badan usaha yang akan dimiliki, syarat penerbit, dan pendaftaran ISBN di perpusatakaan nasional dapat dicapai. Terakhir dari aspek keuangan, nilai payback period kurang dari 3 tahun, nilai NPV (Net Present Value) positif, nilai IRR (Internal Rate of Return) lebih besar dari 10,60%, dan nilai PI (Profitability Index) lebih besar dari 1. Dengan demikian, pengemnbangan usaha penerbit Ide Kreatif dinyatakan layak. Dalam mendukung usaha pemerintah untuk membudayakan membaca, maka Ide Kreatif ingin mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan usaha penerbit Ide Kreatif ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran, aspek hukum, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan aspek keuangan. Dari kelima aspek tersebut masing-masing akan diukur dengan beberapa indikator yang ditentukan. Populasi penelitian ini adalah Ide Kreatif dan perusahaan penerbitan di Surabaya. Kemudian sampel yang digunakan sebagai pembanding antara lain: Ide Kreatif, CV. Karya Utama, Victory Publishing, dan UD. Galaxy. Data diambil dengan melakukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha penerbit Ide Kreatif dikatakan layak, sehingga dapat dilanjutkan. Dari aspek pasar dan pemasaran, analisis SWOT menghasilkan strategi agresif, STP (Segmenting, Targetting, Positioning) dan marketing mix telah ditetapkan dan dinyatakan layak. Dari aspek manajemen, jumlah tenaga kerja telah mampu memenuhi beban tanggung jawab pekerjaan yang ada, kualifikasi tenaga kerja telah disesuaikan dengan keahlian dan latar belakang, serta gaji yang diberikan sesuai UMK (Upah Minimum Kota) Surabaya. Sementara dari aspek teknis dan teknologi, lokasi bisnis dinyatakan strategis, peralatan dikatakan cukup, dan layout perusahaan layak. Kemudian dari aspek hukum, badan usaha yang akan dimiliki, syarat penerbit, dan pendaftaran ISBN di perpusatakaan nasional dapat dicapai. Terakhir dari aspek keuangan, nilai payback period kurang dari 3 tahun, nilai NPV (Net Present Value) positif, nilai IRR (Internal Rate of Return) lebih besar dari 10,60%, dan nilai PI (Profitability Index) lebih besar dari 1. Dengan demikian, pengemnbangan usaha penerbit Ide Kreatif dinyatakan layak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectStudi Kelayakan Bisnisen_US
dc.subjectaspek pasar dan pemasaranen_US
dc.subjectaspek manajemenen_US
dc.subjectaspek teknis dan teknologien_US
dc.subjectAspek Keuanganen_US
dc.titleSTUDI KELAYAKAN UNTUK PENGEMBANGAN USAHA PENERBIT IDE KREATIFen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn0515118001
dc.identifier.kodeprodi61201
dc.identifier.nim10109120
dc.identifier.dosenpembimbingEKO BUDI SANTOSO


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record